STEM dan Model-Model Pembelajaran

Pendidikan merupakan suatu  proses  pendewasaan  diri  manusia  untuk  dapat mengembangkan peradaban yag memudahkan hidupnya. Perkembangan pendekatan dan model pembelajaran telah lama berkembang dan beragam sesuai dengan tuntutan perkembangan pengetahuan dan kebutuhan keahlian pada saat ini. Berbagai Model terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan keahlian Abad 21. Saat ini, STEM dan berbagai model pembelajaran kontekstual digalakkan untuk digunakan dalam pembelajaran, diantaranya inquiry based Learning, discovery learning, problem based learning, project based learning, siklus 5 E, placed based learning dan field based learning.

Drh. Ratna Yulia, M.Ed

Widyaiswara Muda LPMP Provinsi Aceh

Email: yuliaratna006@gmail.com

PENDAHULUAN

Pendidikan   muncul sejak diciptakannya manusia, karena manusia inilah yang menjadi obyek utama dari pendidikan dan sekaligus juga sebagai subyek.   Pendidikan merupakan sebuah proses pemberdayaan manusia untuk membangun suatu peradaban untuk membentuk tatanan masyarakat yang sejahtera lahir dan batin. Oleh karena itu manusia sangat membutuhkan pendidikan untuk bisa berkembang dan mengembangkan kebudayaannya dengan baik. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa pendidikan merupakan media utama untuk meneruskan dan mengekalkan kebudayaan manusia. Namun fungsi pendidikan tidak hanya sebatas meneruskan dan mengekalkan kebudayaan, tetapi lebih dari itu pendidikan berupaya menyesuaikan dan mengembangkan kebudayaan baru secara proporsional dan dinamis. Pendidikan menempati posisi yang sangat sentral dan strategis dalam membangun kehidupan sosial dan memposisikan manusia dalam kehidupan secara tepat (Chaeruddin B, 2013: 421).

Islam sebagai agama sempurna telah memberikan landasan yang kuat tentang proses dan tujuan pendidikan. Dalam Qs. As-Syam:8 dan Adz-Zariyat:56, dijelaskan bahwa manusia sebagai hamba wajib memberdayakan potensi dan fitrahnya kepada nilai-nilai kebenaran dan kebajikan. Oleh karena itu pendidikan dalam Islam merupakan proses pembinaan potensi, memperkaya nilai dan fitrah manusia sebagai hamba sekaligus khalifah untuk kemaslahatan diri, memperkuat ikatan dalam masyarakat, dan lingkungannya (Saeedah Shah, 2006: 367).

Untuk mencapai tujuan pendidikan di atas, diperlukan suatu proses yang baik. Dalam proses inilah berbagai pendekatan dan metode diterapkan untuk memastikan pendidikan berjalan sebagai diharapkan sehingga tepat menuju tujuan.

Pendekatan pembelajaran adalah salah satu cara atau jalan yang sesuai dan serasi yang digunakan untuk menyajikan atau menyampaikan sesuatu bahan ajar agar tujuan tercapai secara efektif dan efisien (Ismail SM, 2008: 48). Berbagai pendekatan telah dikembangkan dan digunakan dalam pembelajaran. Saat ini, pendekatan yang popular dan banyak digunakan adalah Pendekatan STEM. Namun sebagaimana diketahui, sejak 15 abad yang manusia telah menggunakan berbagai pendekatan dan model pembelajaran dalam memahamkan pengetahuan dan melatih kecakapan. Telaah kepustakaan ini membahas Pendekatan STEM dan alternatif model Pembelajaran yang dapat digunakan dalam pendekatan STEM. Diharapkan   hasil telaah ini dapat memberi pengetahuan tentang pendekatan STEM dan alternatif model pembelajaran pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien dan bermakna dalam kehidupan dan pekerjaan.

PEMBAHASAN

  1. Pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering, Mathematics)

STEM adalah singkatan dari Science, Technology, Engineering and Math. Beberapa kalangan ada yang menambahkan disiplin Seni (Art) ke dalamnya, sehingga menjadi STEAM. STEM yang digagas oleh Amerika Serikat ini merupakan pendekatan yang menggabungkan keempat disiplin ilmu tersebut secara terpadu ke dalam metode pembelajaran berbasis masalah dan kejadian kontekstual sehari-hari. Metode pembelajaran berbasis STEM menerapkan pengetahuan dan keterampilan secara bersamaan untuk menyelesaikan suatu kasus. Pendekatan ini dinyatakan sebagai pendekatan pembelajaran abad-21 dalam upaya untuk menghasilkan sumber daya manusia dengan kognitif, psikomotor dan afektif yang berkualitas. Di Amerika, STEM telah dibahas sejak tahun 1990-an dan sampaikan sekarang masih terus dikembangkan.

Sebagaimana dijabarkan oleh  Torlakson (2014), definisi dari keempat aspek STEM adalah Sains (science) memberikan pengetahuan kepada peserta didik mengenai hukum-hukum dan konsep-konsep yang berlaku di alam; Teknologi (technology) adalah keterampilan atau sebuah sistem yang digunakan dalam mengatur masyarakat, organisasi, pengetahuan atau mendesain serta menggunakan sebuah alat buatan yang dapat memudahkan pekerjaan; Teknik (engineering) adalah pengetahuan untuk mengoperasikan atau mendesain sebuah prosedur untuk menyelesaikan sebuah masalah; Matematika (math) adalah ilmu yang menghubungkan antara besaran, angka pola, dan ruang yang hanya membutuhkan argumen logis tanpa atau disertai dengan bukti empiris. Pengintegrasian keempat aspek STEM (Science, Technology, Engineering and Math) dalam pembelajaran akan membantu peserta didik menyelesaikan suatu masalah kontekstual dan konseptual secara jauh lebih komprehensif dan bermakna. Lebih lanjut, Tsupros, Kohler, and Hallinen’s (2009) mendefinisikan pendekatan STEM sebagai pendekatan interdisiplin ilmu dalam pembelajaran yang mana berbagai konsep keilmuan digabungkan/dikaitkan dengan kejadian dunia nyata saat siswa menerapkan sains, teknologi, tehnik, dan matematika dalam konteks yang menghubungkan antara sekolah, komunitas, tempat kerja dalam upaya meningkatkan kemampuan literasi STEM dan bersaing dalam bursa ekonomi baru.

Untuk memahami lebih lanjut tentang STEM berdasarkan disiplin ilmu yang menjadi sandaran STEM, NRC (2014) menjabarkan bahwa:

  1. Sains adalah Kegiatan yang melibatkan pemahaman dan penerapan tentang fenomena alam dan keadaan perilaku sosial menggunakan metodologi sistematis, dan berdasarkan bukti melalui observasi dan eksperimen;
  2. Teknik/rekayasa merupakan pengetahuan dan keterampilan untuk merancang dan meng- kontruksi mesin, sistem, material dan proses yang bermanfaat bagi manusia secara ekonomis dan ramah lingkungan;
  3. Teknologi merupakan berbagai inovasi untuk memodifikasi alam agar memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.
  4. Matematika adalah segala sesuatu terkait pola-pola, hubungan-hubungan, angka-angka, kuantitas, dan ruang serta menyediakan bahasa bagi teknologi, teknik dan sains.

Dalam konteks pendidikan dasar dan menengah, pendidikan STEM bertujuan mengembangkan peserta didik yang STEM literate (Bybee, 2013) dengan rincian sebagai berikut:

Pertama: memiliki pengetahuan, sikap, dan keterampilan untuk mengidentifikasi pertanyaan dan masalah dalam situasi kehidupannya, menjelaskan fenomena alam, mendesain, serta menarik  kesimpulan  berdasar  bukti  mengenai  isu-isu  terkait STEM. 

Kedua: memahami karakteristik khusus disiplin STEM sebagai bentukbentuk pengetahuan, penyelidikan, dan desain yang digagas manusia.

Ketiga: memiliki kesadaran bagaimana disiplin-disiplin STEM membentuk lingkungan material, intelektual dan kultural.

Keempat: memiliki keinginan untuk terlibat dalam kajian isu-isu terkait STEM (misalnya efisiensi  energi,  kualitas  lingkungan,  keterbatasan  sumberdaya  alam)  sebagai manusia  yang  konstruktif,  peduli,   dan  reflektif  menggunakan  gagasan- gagasan sains, teknologi, rekayasa, dan matematika.

Penggunaan pendekatan STEM dalam pembelajaran memberikan peluang bagi peserta didik bahwa konsep, prinsip, dan teknik dari sains, teknologi, rekayasa, dan matematika digunakan secara terintegrasi dalam pengembangan produk, proses, dan sistem serta terutama dapat mengarahkan peserta didik dalam mencari solusi yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari mereka. 

Dalam proses pembelajaran, STEM sebagai pendekatan dapat saja kesemua unsur disiplin ilmu tidak hadir semua dan lengkap. Dapat saja dalam suatu kegiatan pembelajaran, unsur yang hadir hanya 2 atau 3 unsur saja dan tidak ada ketentuan semua unsur wajib hadir.

3. Model-Model Pembelajaran dalam STEM

Dalam mengefektifkan dan memudahkan peserta didik memahami dan menguasai keterampilan dari materi pembelajaran, berbagai model pembelajaran dapat dipilih oleh guru. Berikut dibahas tentang berbagai model pembelajaran yang dapat diterapkan dengan menggunakan Pendekatan STEM dalam pembelajaran:

  1. Discovery learning, menekankan pada penemuan konsep atau prinsip yang sebelumnya tidak diketahui dengan fokus masalah yang direkayasa oleh guru. Penerapan model pembelajaran Discovery Learning menitikberatkan peran guru sebagai pembimbing dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara aktif. Oleh sebab itu, bahan ajar tidak disajikan dalam bentuk akhir, tetapi siswa dituntut untuk melakukan berbagai kegiatan menghimpun informasi, membandingkan, mengkategorikan, menganalisis, mengintegrasikan, mereorganisasikan bahan serta membuat kesimpulan-kesimpulan. Dalam modul pelatihan Kurikulum 2013 dijelaskan bahwa sintak discovery learning terdiri atas 6 fase sebagai berikut:

a. Stimulation (stimulasi/pemberian rangsangan)

Pada tahap ini peserta didik dihadapkan pada sesuatu yang menimbulkan penasaran atau kebingungan agar timbul keinginan untuk menyelidiki sendiri. Guru juga dapat memulai dengan mengajukan pertanyaan, anjuran membaca buku, dan aktivitas belajar lainnya yang mengarah pada persiapan pemecahan masalah. Stimulasi pada tahap ini berfungsi untuk menyediakan kondisi interaksi belajar yang dapat mengembangkan dan membantu siswa dalam mengeksplorasi bahan.

b. Problem statement (pernyataan/identifikasi masalah)

Peserta didik diberi kesempatan untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin agenda-agenda masalah yang relevan dengan bahan pelajaran berdasarkan hasil stimulasi, kemudian salah satunya dipilih dan dirumuskan dalam bentuk hipotesis (jawaban sementara atas pertanyaan masalah).

c. Data collection (Pengumpulan Data).

Ketika eksplorasi berlangsung, peserta didik mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya yang relevan untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis. Tahap ini berfungsi untuk menjawab pertanyaan atau membuktikan benar tidaknya hipotesis, dengan demikian anak didik diberi kesempatan untuk mengumpulkan berbagai informasi yang relevan, membaca literatur, mengamati objek, wawancara dengan nara sumber, melakukan uji coba sendiri dan sebagainya.

d. Data Processing (Pengolahan Data)

Pengolahan data merupakan kegiatan mengolah data dan informasi yang telah diperoleh peserta didik melalui wawancara, observasi, dan sebagainya, lalu ditafsirkan. Semua informai hasil bacaan, wawancara, observasi, dan sebagainya, semuanya diolah, diacak, diklasifikasikan, ditabulasi, bahkan bila perlu dihitung dengan cara tertentu serta ditafsirkan pada tingkat kepercayaan tertentu.

e. Verification (Pembuktian)

Tahap ini memberikan kesempatan peserta didik untuk melakukan pemeriksaan secara cermat dalam membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang ditetapkan tadi dengan temuan alternatif, dihubungkan dengan hasil data processing.  Pesertaa didik diberi kesempatan untuk menemukan suatu konsep, teori, aturan atau pemahaman melalui contoh-contoh yang ia jumpai dalam kehidupannya.

f. Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)

Tahap ini adalah proses menarik sebuah kesimpulan yang dapat dijadikan prinsip umum dan berlaku untuk semua kejadian atau masalah yang sama, dengan memperhatikan hasil verifikasi. Berdasarkan hasil verifikasi maka dirumuskan prinsip-prinsip yang mendasari generalisasi

  1. Inquiry Learning, berfokus pada siswa menemukan masalah sehingga harus mengerahkan seluruh pengetahuan dan keterampilan untuk mendapatkan temuan dalam masalah tersebut melalui proses penelitian. Sanjaya (2014) menyatakan bahwa langkah–langkah model pembelajaran Inquiry learning sebagai berikut:
  1. Orientasi
    Pada tahap ini guru dapat memberitahukan siswa mengenai: materi apa yang akan dipelajari; apa tujuan yang akan dicapai; mempersiapkan siswa untuk mulai menggunakan model pembelajaran inkuiri.
  2. Merumuskan Masalah

Peserta didik diarahkan pada suatu masalah yang memerlukan pemecahan. Masalah dapat disajikan dengan cara yang menarik seperti demonstrasi unik ataupun dalam bentuk teka-teki sehingga siswa tertantang untuk mencari tahu apa yang terjadi dan merumuskannya dalam suatu pertanyaan ataupun pernyataan yang kelak harus dijawabnya sendiri.

  1. Merumuskan hipotesis.

Peserta didik membuat suatu hipotesis atau jawaban sementara dari masalah yang telah disaksikannya. Hipotesis belum tentu benar sehingga doronglah anak-anak untuk tidak takut dalam mengemukakan hipotesisnya. Guru juga dapat membantu siswa membuat hipotesis dengan memberikan beberapa pertanyaan yang jawabannya mengarah pada hipotesis siswa.

  1. Mengumpulkan data

Pada tahap ini siswa melakukan aktivitas mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk menguji hipotesis yang telah dibuatnya. Dalam pembelajaran inquiry tahapan ini merupakan suatu proses yang sangat penting untuk mengembangkan kemampuan intelektual siswa karena pada tahap ini siswa dilatih untuk menggunakan seluruh potensi berfikir yang dimilikinya.

  1. Menguji hipotesis

Hipotesis yang telah dibuat kemudian diuji dengan cara dibandingkan dengan data yang ada lalu kemudian ditunjukkan (melatih kemampuan rasional siswa).

  1. Merumuskan kesimpulan.

Pada langkah ini siswa dituntut untuk mendeskripsikan temuan yang telah diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis, sehingga dapat mencapai kesimpulan yang akurat.

  1. Model Problem Based Learning, merupakan pembelajaran yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna, relevan, dan kontekstual. Pada Problem Based Learning (PBL), guru berperan sebagai guide on the side dari pada sage on the stage. peserta didik menggunakan kemampuan berpikir tingkat tinggi, terutama kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran ini .Hal ini menegaskan pentingnya bantuan belajar pada tahap awal pembelajaran. Peserta didik mengidentifikasi apa yang mereka ketahui maupun yang belum berdasarkan informasi dari buku teks atau sumber informasi lainnya. Menurut Arend (2004), sintak model Problem Based Learning adalah:
  1.  Orientasi peserta didik pada masalah;
  2.  Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar;
  3. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok;
  4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan
  5. Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
  6. Project Based Learning, menggunakan proyek/kegiatan sebagai inti pembelajaran. Peserta didik menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Dalam Modul Pelatihan Kurikulum 2013 bagi SMA dan https://www.pblworks.org/what-is-pbl menjelaskan bahwa:
  7.  Penentuan Pertanyaan Mendasar (Start With the Essential Question)

Pembelajaran dimulai dengan pertanyaan esensial, yaitu pertanyaan yang dapat memberi penugasan peserta didik dalam melakukan suatu aktivitas. Mengambil topik yang sesuai dengan realitas dunia nyata dan dimulai dengan sebuah investigasi mendalamdan topik yang diangkat relevan untuk para peserta didik. 

  1. Mendesain Perencanaan Proyek (Design a Plan for the Project)

Perencanaan dilakukan secara kolaboratif antara pengajar dan peserta didik. Peserta didik diharapkan akan merasa “memiliki” atas proyek tersebut. Perencanaan berisi tentang aturan main, pemilihan aktivitas yang dapat mendukung penyelesaian proyek. 

  1. Menyusun Jadwal (Create a Schedule)

Pengajar dan peserta didik secara kolaboratif menyusun jadwal aktivitas dalam menyelesaikan proyek. Aktivitas pada tahap ini antara lain: (1) membuat timeline untuk menyelesaikan proyek, (2) membuat deadline penyelesaian proyek, (3) membawa peserta didik agar merencanakan cara yang baru, (4) membimbing peserta didik ketika mereka membuat cara yang tidak berhubungan dengan proyek, dan (5) meminta peserta didik untuk membuat penjelasan (alasan) tentang pemilihan suatu cara. 

  1. Memonitor peserta didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project)

Pengajar bertanggungjawab untuk melakukan monitor terhadap aktivitas peserta didik selama menyelesaikan proyek. Proses monitoring dapat dilakukan dengan menggunakan rubrik untuk merekam keseluruhan aktivitas penting. 

  1. Menguji Hasil (Assess the Outcome)

Penilaian dilakukan untuk membantu pengajar dalam mengukur ketercapaian standar, memberi umpan balik tentang tingkat pemahaman yang sudah dicapai peserta didik, membantu pengajar dalam menyusun strategi pembelajaran berikutnya. 

  1. Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience)

Pada akhir proses pembelajaran, pengajar dan peserta didik melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil proyek yang sudah dijalankan. Proses refleksi dilakukan baik secara individu maupun kelompok. Pada tahap ini peserta didik diminta untuk mengungkapkan perasaan dan pengalamanya selama menyelesaikan proyek. Pengajar dan peserta didik mengembangkan diskusi dalam rangka memperbaiki kinerja selama proses pembelajaran, sehingga pada akhirnya ditemukan suatu temuan baru (new inquiry) untuk menjawab permasalahan yang diajukan pada tahap pertama pembelajaran.

5) Learning cycle 5E

Bybee & Landes, 1990 menjelaskan bahwa model learning cycle 5E berorientasi pada pembelajaran kontruktivisme (constructivist approach) yang memperhatikan pengalaman dan pengetahuan awal siswa serta bertujuan meningkatkan pemahaman konsep siswa. Kondisi pembelajaran beranjak dari isu-isu sains yang relevan dengan lingkungan siswa, memicu proses kritis pada diri siswa serta memberi kesempatan kepada siswa untuk berinteraksi dengan orang lain agar siswa dapat membangun pengetahuannya secara utuh.

Model ini memiliki 5 sintak/tahap sebagai berikut:

  1. Engagement (engage/keterlibatan), memusatkan perhatian siswa dan mengikutsertakan siswa ke dalam sebuah konsep baru dengan cara memberikan pertanyaan motivasi, memberikan gambaran tentang materi yang akan dipelajari, demonstrasi, atau aktivitas lain yang digunakan untuk membuka pengetahuan siswa dan mengembangkan rasa keingintahuan siswa. Pengetahuan awal siswa digali untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan pikiran siswa mengenai konsep yang akan dipelajari. Hal terpenting dalam fase ini adalah guru menghindari mendefinisikan dan membuat penjelasan tentang konsep yang akan dibahas.
  2. Exploration (eksplore/penjelajahan), diwujudkan dalam kegiatan laboratorium (praktikum)/kerja lapangan dan diskusi yang dilakukan secara berkelompok. Siswa diajak terlibat secara langsung pada fenomena atau situasi yang mereka selidiki dan  merancang dan melakukan eksperimen atau praktikum, melakukan pengujian hipotesis, serta melakukan pengumpulan data/informasi untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru. Siswa dilibatkan secara fisik dan mental. Sebagai hasil keterlibatan mental dan fisik mereka dalam kegiatan tersebut, para siswa akan mampu membentuk hubungan, mengamati pola, mengidentifikasi variabel, dan bertanya. Guru berperan sebagai fasilitator atau pemandu yang mengarahkan siswa agar mampu mengeksplorasi dan menemukan jawaban atas pertanyaan yang diberikan. 
  3. Explanation (explain/menjelaskan), siswa diberikan kesempatan untuk menunjukkan pemahaman tentang konsep atau teori yang telah diketahui, keterampilan proses, atau perilaku. Siswa melakukan diskusi kelompok untuk menganalisis data/informasi yang dikumpulkan dari kegiatan pada fase sebelumnya. Guru membimbing siswa untuk menyampaikan hasil kegiatan yang telah mereka lakukan dengan menggunakan ide dan kata-kata mereka sendiri, sehingga diharapkan pemahaman konsep muncul dari pengalaman mereka setelah melakukan kegiatan. Tujuan tahap ini adalah untuk memperbaiki kesalahan dalam temuan siswa sebelum tahap berikutnya.
  4. Elaboration (elaborate/elaborasi) merupakan fase yang dapat dianggap sebagai perpanjangan langkah penelitian karena adanya masalah suplemen (penguat). Fase ini memfasilitasi siswa untuk dapat menerapkan konsep yang telah mereka peroleh berdasarkan kegiatan yang telah mereka lakukan ke dalam situasi atau masalah yang baru. Masalah baru tersebut memiliki penyelesaian yang identik atau mirip dengan apa yang dibahas sebelumnya. Siswa menggunakan konsep yang baru dipelajari dalam situasi berbeda atau mengulangi beberapa kali aplikasi yang berhubungan dengan konsep yang dipelajari agar menjadi masukan ke dalam memori jangka panjangnya dan menjadi permanen. Selama fase elaborasi, siswa dapat dilibatkan kembali dalam kegiatan diskusi dan pencarian informasi. Siswa mengidentifikasi masalah dan mengumpulkan informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan melalui diskusi.
  5. Evaluation (evaluate/menilai) merupakan fase saat guru mencari tahu kualitas dan kuantitas ketercapaian pemahaman siswa terhadap topik yang telah mereka pelajari.  Guru mengajukan pertanyaan dan membuat siswa merespon secara lisan atau tulisan. Selain itu, siswa diminta untuk mengaitkan apa yang telah mereka pelajari dengan situasi di kehidupan nyata. Evaluasi informal dapat terjadi pada awal dan seluruh urutan model siklus belajar 5E. Guru juga dapat menyelesaikan evaluasi formal setelah fase elaborasi. Evaluasi bisa dilakukan secara formatif maupun sumatif dan berfokus pada kemampuan siswa menggunakan informasi yang telah mereka peroleh selama kegiatan pembelajaran.
    1. Field Based Learning

Behrend dan Franklin (2014) menjelaskan bahwa ada serangkaian kegiatan yang harus dipersiapkan dalam pembelajaran model field based leaning, yaitu: 

  1. Prepare Sudents/persiapan siswa: guru mempersiapkan bahan (masalah/topik dan tujuan kegiatan) dan siswa membaca sejumlah bahan bacaan sebelum kegiatan dilaksanakan. Dan juga menjelaskan aturan dan perilaku yang harus dilaksanakan atau dijaga siswa selama di lapangan.
  2. Engage/pertanyaan: siswa bertanya dan mencari tahu tentang masalah atau topik. siswa juga harus mampu mengambil tindakan/menyusun pertanyaan lain yang tepat  jika lokasi dan topik yang ingin diketahui sulit di dapat.
  3. Menyediakan waktu untuk berdiskusi tenatng temuan dan pengalaman selama mencari jawaban
  4. Mengolah data dan mengaitkan dengan rujukan: diharapkan siswa menemukan jawaban atau konsep sesuai rujukan , jika tidak maka ada penjelasan mengapa tidak.
  5. Asesmen pengalaman di lokasi/lapangan dan konfimasi hasil: evalusi terhadap pengalaman di lokasi dan penyampaian hasil yang diharapkan sehingga siswa dpt membandingkan hasil yang didapat dengan hasil yang diharapkan.

KESIMPULAN

Pendidikan merupakan suatu proses untuk mencerdaskan manusia melalui interaksi terus menerus antara pendidik dan muridnya dengan menggunakan berbagai pendekatan dan model agar pembelajaran yang ingin disampaikan dapat dipahami dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan. Pada saat ini, Pendekatan STEM dan model pembelajaran yang berbasis konteks dan lingkungan sekitar menjadi pilihan dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia. Tuntutan pengetahuan, keterampilan, sikap dan dunia kerja abad 21 mengharuskan pendidikan berkembang dan pembelajaran harus bermakna. Berbagai Pendekatan dan model akan terus dikembangkan sesuai kebutuhan dan untuk memastikan pembelajaran telah sesuai tujuan. Salah satu tanda pembelajaran telah terjadi adalah apabila terdapat perubahan di kalangan pelajar.

Oleh: Drh. Ratna Yulia, M.Ed

Widyaiswara Muda LPMP Provinsi Aceh

Email: yuliaratna006@gmail.com

2 thoughts on “STEM dan Model-Model Pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

STRATEGI KEMITRAAN DENGAN PEMERINTAH DAERAH DALAM PENINGKATAN KUALITAS PAUD, PENDIDIKAN DASAR DAN PENDIDIKAN MENENGAH

Latar Belakang Sejarah pendidikan di Aceh pernah mencapai masa kegemilangannya pada masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda (1606 – 1636 M) di Kerajaan Aceh Darussalam. Sultan Iskandar Muda telah menempatkan para ulama dan kaum cerdik pandai pada posisi yang paling mulia dan istimewa dalam bidang ilmu pengetahuan dan pendidikan. Sehingga pada masa pemerintahannya, Kerajaan Aceh Darussalam […]

Read More

IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI KETELADANAN, KEBIASAAN GURU SEBAGAI AGEN PERUBAHAN ABAD 21

ABSTRAK Implementasikan Profil Pelajar Pancasila melalui keteladanan dan pembiasan guru sebagai agen perubahan abad 21, siswa lebih menyadari, memahami dan melaksanakan hak serta kewajibannya untuk beriman, bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia; mandiri; bergotong-royong; berkebinekaan global; bernalar kritis; dan kreatif. Peran guru sebagai agen perubahan abad 21 dapat ditinjau dari tiga sudut pandang […]

Read More

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETRAMPILAN BERFIKIR KREATIF SISWA PADA MAPEL IPA SMP

Oleh: Maaruf Fauzan, S.Si, M.Pd (Widyaprada Ahli Madya BPMP Provinsi Aceh) Email: maarufaceh@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini  bertujuan untuk. mengetahui peningkatan ketrampilan berfikir kreatif  siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan model problem  based  learning (PBL) Metode penelitian yang digunakan adalah  quasi experimental dengan desain control group pretest-posttest serta teknik purposive sampling. Pengumpulan data untuk mengetahui peningkatan keterampilan […]

Read More