JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH
Oleh: Husna
ABSTRAK
Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa kelas XII-IPA.1 SMAN 1 Gunung Meriah? Tujuan Khusus Mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran PKn tentang sistem pemerintahan dengan model STAD di kelas XII-IPA.1 SMAN 1 Gunung Meriah. Tujuan Umum Untuk peningkatan hasil belajar PKn tentang sistem pemerintahan pada siswa kelas XII-IPA.1 SMAN 1 Gunung Meriah melalui model STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPA.1 SMAN 1 Gunung Meriah dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari dari 7 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Pelaksanaan dalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, 4 (empat) kali pertemuan pada bulan Agustus sampai dengan bulan November Tahun 2019. Data yang dihimpun berupa, aktivitas siswa, dan guru serta hasil tes. Dari hasil penelitian penerapan dengan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XII-IPA.1 SMAN 1 Gunung Meriah Aceh Singkil tentang materi sistem Pemerintahan. Dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 sebesar 43% dan 56%, dan pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2 yaitu 66% dan 86%. Jadi dari data tersebut, telihat jelas peningkatan hasil belajar yang dialami oleh siswa kelas XII-IPA 1 SMAN 1 Gunung Meriah Aceh Singkil.
Kata kunci: Model STAD, Hasil Belajar