MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

Oleh: Husna

ABSTRAK

Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa kelas XII-IPA.1 SMAN 1 Gunung Meriah? Tujuan Khusus Mengetahui hasil belajar siswa pada pelajaran PKn tentang sistem pemerintahan dengan model STAD di kelas XII-IPA.1 SMAN 1 Gunung Meriah. Tujuan Umum Untuk peningkatan hasil belajar PKn tentang sistem pemerintahan pada siswa kelas XII-IPA.1 SMAN 1 Gunung Meriah melalui model STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPA.1 SMAN 1 Gunung Meriah dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari dari 7 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Pelaksanaan dalam penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus, 4 (empat) kali pertemuan pada bulan Agustus sampai dengan bulan November Tahun 2019. Data yang dihimpun berupa, aktivitas siswa, dan guru serta hasil tes. Dari hasil penelitian penerapan dengan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas XII-IPA.1 SMAN 1 Gunung Meriah Aceh Singkil tentang materi sistem Pemerintahan. Dengan model STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dan pertemuan 2 sebesar 43% dan 56%, dan pada siklus II pertemuan 1 dan pertemuan 2 yaitu 66% dan 86%. Jadi dari data tersebut, telihat jelas peningkatan hasil belajar yang dialami oleh siswa kelas XII-IPA 1 SMAN 1 Gunung Meriah Aceh Singkil.

Kata kunci: Model STAD, Hasil Belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI SUMPAH PEMUDA PELAJARAN PKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING PADA SDN 10 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI SUMPAH PEMUDA PELAJARAN PKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING PADA SDN 10 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA Oleh: Tarmizi ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah melalui Model Pembelajaran Reciprocal Learning Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI […]

Read More