Bimtek Program Sekolah Penggerak ke Pemerintah Daerah Tahun 2022

Untuk mendukung pelaksanaan Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 1 dan 2, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh melaksanakan Bimbingan Teknis Program Sekolah Penggerak Ke Pemerintah Daerah Tahun 2022 di Provinsi dan 11 (sebelas) kabupaten/kota pelaksana Program Sekolah Penggerak (PSP) Angkatan 1 dan 2.

Kegiatan bimtek diselenggarakan serentak pada tanggal 6 Juli 2022 di Aula atau Ruang Rapat Dinas Pendidikan Provinsi dan 11 Kabupaten/Kota. Kegiatan berlangsung selama 1 (satu) hari dengan pola 6 JP dengan narasumber yaitu Widyaprada dan Tim PMO BPMP Provinsi Aceh.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yaitu untuk untuk meningkatkan pemahaman pemerintah daerah mengenai pelaksanaan program sekolah penggerak, proses transformasi sekolah penggerak, struktur organisasi PMO, mekanisme kerja PMO dan tugas serta tanggung jawab PMO.

Sasaran peserta bimtek yaitu Tim Pokja Manajemen Operasional (PMO) tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota dan unsur Dinas Pendidikan seperti Pengawas Pembina Sekolah Penggerak.

PMO atau Tim Poka Manajemen Operasional ini yaitu tim yang dibentuk bertujuan untuk memudahkan monitoring dan evaluasi pelaksanaan program kegiatan terutama agar isu dapat diselesaikan dan risiko dapat dimitigasi.

Agar efektif, maka PMO dibuat berjenjang mulai dari PMO level sekolah, PMO daerah (PMO Dinas Pendidikan dan PMO UPT) hingga PMO level pusat.

Tim PMO sangatlah memiliki peran penting dalam kesuksesan dari setiap intervensi Program Sekolah Penggerak seperti pendampingan konsultatif dan asimetris, penguatan SDM sekolah, pembelajaran dengan paradigma baru (penerapan Kurikulum Merdeka), perencanaan berbasis data dan digitalisasi sekolah (SIPLah, Rapor Pendidikan, SDS, RKAS, dll).

Muara dari kegiatan ini yaitu diharapkan tim PMO provinsi dan PMO kabupaten/kota memahami peran dan tugasnya serta mampu mendampingi pelaksanaan Program Sekolah Penggerak agar berjalan dengan baik sesuai dengan ketentuan. (SY).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pendampingan Rakortek Kabupaten/Kota BAPPEDA Provinsi Oleh UPT

BPMP Provinsi Aceh menyelenggarakan Pendampingan Rakortek Kabupaten/Kota BAPPEDA Provinsi Oleh UPT pada tanggal 22 s.d 24 April 2023 dengan bertempat di Hotel Hermes Banda Aceh. Dalam Rangka pemenuhan pelayanan dasar Pendidikan di daerah, Kemendikbudristek bersama Kemendagri melalui BPMP Provinsi Aceh  selaku UPT di daerah melakukan fasilitasi  untuk sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan pembangunan antara pusat dan […]

Read More

Capacity Building BPMP Provinsi Aceh Tahun 2024

BPMP Provinsi Aceh mengadakan Capacity Building untuk seluruh pegawai BPMP Provinsi Aceh dan turut mengundang Kepala Dinas Pendidikan Aceh dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota pada tanggal 17 – 20 April 2024 dengan bertempat di Parkside Gayo Petro Hotel Takengon, Aceh Tengah. Keberangkatan para pegawai dikoordinasikan oleh Kasubag Umum BPMP Provinsi Aceh. Sebelum keberangkatan, Khairulhadi memberikan pengarahan […]

Read More

Halalbihalal BPMP Provinsi Aceh

Aceh Besar, 16 April 2024 – Dengan bertempat di aula Iskandar Muda, Keluarga besar BPMP Provinsi Aceh mengadakan halalbihalal yang dihadiri oleh seluruh pegawai dan Darma Wanita BPMP Provinsi Aceh. Kegiatan diawali dengan penyampaian siranup gapu oleh kepala BPMP Aceh Muhammad Anis. Kepala BPMP Provinsi Aceh menyampaikan berpuasa pada bulan Ramadan dan dilanjutkan dengan puasa […]

Read More