Kolaborasi bersinergi UPT Kemendikbudristek Provinsi Aceh Gelar Jalan Sehat Semarakkan Bulan Merdeka Belajar Hardiknas 2023

Banda Aceh (14/5/2023) – 6 Satker Kemendikbudristek di Provinsi Aceh berkolaborasi mengadakan Jalan Sehat Bulan Merdeka Belajar dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional 2023. Titik start dan finish dilaksanakan di Lapangan Tugu Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dengan tema “Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar”.

Gelaran jalan sehat ini diselenggarakan secara serentak se-Indonesia di 34 Provinsi termasuk di Kemendikbudristek pusat di Jakarta sebagaimana imbauan Kemendikbudristek melalui Surat Edaran Nomor 11 tahun 2023 dimana mengimbau kepada seluruh unit kerja baik di pusat maupun di daerah untuk menyelenggarakan “Jalan Sehat” yang menjadi salah satu rangkaian kegiatan Bulan Merdeka Belajar.

Plt. BPMP Provinsi Aceh, Khairulhadi, selaku yang menjadi koordinator pelaksanaan jalan sehat di tingkat Provinsi melaporkan bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi antara seluruh satker Kemendikbudristek di Provinsi Aceh yaitu BPMP Provinsi Aceh, Universitas Syiah Kuala, Balai Bahasa Provinsi Aceh, BGP Provinsi Aceh, BPK Wilayah I Aceh dan LLDIKTI Wilayah XIII Aceh.

Kegiatan jalan sehat ini diikuti oleh pimpinan satker Kemendikbudristek Provinsi Aceh, diantaranya Plt. Kepala Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh Khairulhadi S.E., M.Si., Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Marwan, IPU., Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh Teti Wahyuni, S.Si., M.Pd., Kepala Balai Bahasa Provinsi Aceh Drs. Umar Solikhan, M.Hum., Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah I Aceh Piet Rusdi, S.Sos., serta Kepala Kepala LLDIKTI Wilayah XIII Aceh Dr. Ir. Rizal Munadi, M.M., M.T., beserta Kabag dan Kasubbag Umum masing-masing satker.

Mahasiswa, perwakilan guru dan siswa SMA/SMK Banda Aceh dan Aceh Besar, seluruh pegawai Kemendikbudristek Provinsi Aceh, serta tamu undangan stakeholder Pendidikan mengikuti dan menyemarakkan jalan sehat ini.

Turut hadir juga tamu undangan stakeholder Pendidikan yaitu Kepala Dinas Pendidikan Kota Banda Aceh Sulaiman Bakri, S.Pd., M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Aceh Besar Agus Jumaidi, M.Pd., Plh. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Dr. Asbaruddin, S.TP.,M.Eng, serta Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar Syarwan Joni, S.Pd., M.Pd.

Pelepasan peserta di titik start dilakukan oleh Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Marwan, IPU.

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Marwan, IPU. melepas peserta di titik start

Seusai jalan sehat dilanjutkan dengan segmen para kepala satker melakukan pengundian hadiah lawang (doorprize) bagi peserta.

Plt. Kepala BPMP Provinsi Aceh Khairulhadi, S.E., M.Si. mengundi dan menyerahkan hadiah lawang (doorprize) bagi peserta jalan sehat

Juga terdapat segmen penyampaian testimoni dari para stakeholder Pendidikan seperti Dinas Pendidikan, perwakilan dosen, Kepala Sekolah dan guru mengenai manfaat dari implementasi kebijakan Merdeka Belajar.

Kegiatan ini dimeriahkan atraksi kesenian dan penampilan band di panggung hiburan.

Tak ketinggalan, ada hadiah lawang yang dibagikan bagi para peserta Jalan Sehat dengan pengundian dilakukan oleh para pejabat struktural seperti para kepala satker, kabag, kasubbag, direktur serta perwakilan panitia masing-masing satker secara bergantian. Para tamu undangan pejabat Dinas Pendidikan juga berkesempatan melakukan pengundian hadiah lawing (doorprize).

One thought on “Kolaborasi bersinergi UPT Kemendikbudristek Provinsi Aceh Gelar Jalan Sehat Semarakkan Bulan Merdeka Belajar Hardiknas 2023”

  1. Alhamdulillah… Kegiatan jalan santa Hardiknas 2023 berjalan lancar dan sukses tepat waktu sesuai jadwal. ASN, PPNPN gabungan satker UPT pusat, mahasiswa pelajar dan nsan pendidikan saling membaur dlm keakraban. Door pres menjadi hiburan tersendiri dlm kebersamaan… Selamat buat semua insan pendidikan.. bravo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pembekalan dan Penyamaan Persepsi Calon Narasumber Kegiatan Workshop Kebijakan Ujian Kesetaraan (UK)

Aceh Besar, 28 Maret 2024 – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh menggelar kegiatan Pembekalan dan Penyamaan Persepsi Calon Narasumber Kegiatan Workshop Kebijakan Ujian Kesetaraan (UK) di Aula mini BPMP Provinsi Aceh, Kamis (28/3). Kegiatan ini diikuti oleh 10 peserta internal BPMP Provinsi Aceh berupa Widyaprada dan staf potensial yang akan mengikuti pembekalan untuk […]

Read More

Rekomendasi Modul Pencegahan Kekerasan

Begitu banyaknya kasus kekerasan yang terjadi di dunia Pendidikan, sebanyak 251 anak yang berusia  6-16 tahun yang menjadi korban kekerasan di lingkungan sekolah pada periode januari – April 2024. sepanjang tahun 2023 sejumlah 19 korban jiwa akibat kasus kekerasan terjadi di lingkungan pendidikan meski pemerintah sudah membuat peraturan perlindungan anak dan antikekerasan di satuan pendidikan. […]

Read More

Perluas Dampak Sekolah Penggerak, BPMP Aceh Gelar Pemetaan Sekolah Pelaksana PSP dan Sekolah Imbas Tahun 2024

Banda Aceh – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan intervensi-intervensi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang dikemas dalam Program Sekolah Penggerak. Intervensi tersebut diberikan kepada satuan pendidikan dengan harapan mempercepat terjadinya transformasi pendidikan. Salah satu transformasi yang diharapkan terjadi dengan adanya Program Sekolah Penggerak adalah terjadinya peningkatan capaian hasil belajar […]

Read More