LPMP Aceh Selenggarakan Rakor dengan Disdik Provinsi dan Disdik 23 Kab/Kota

Banda Aceh (20/2/2022) – Dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kemitraan antara LPMP Provinsi Aceh dengan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dan Dinas Pendidikan 23 Kabupaten/Kota maka LPMP Provinsi Aceh menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan 23 Kabupaten/Kota Tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 20 Februari 2022 bertempat di Hotel Kyriad Banda Aceh.

Rakor dengan Dinas Pendidikan (Hotel Kyriad, 18/2/2022)

Kegiatan ini mengundang peserta sebanyak 70 orang peserta yang terdiri dari perwakilan Dinas Pendidikan Aceh, Kepala Cabang Dinas di 20 wilayah, Kepala Dinas dan Kabid Dinas Pendidikan 23 Kabupaten/Kota dan perwakilan Widyaprada LPMP Provinsi Aceh.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Direktur SMA Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek Dr. Suhartono Arham, M,Si, yang disela-sela kesibukannya berkesempatan menghadiri acara, memberikan arahan dan sambutan serta membuka kegiatan secara resmi meskipun secara daring. Dalam sambutannya beliau banyak memaparkan terkait program Sekolah Penggerak dan Kurikulum Merdeka.

Direktur SMA Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek membuka kegiatan secara resmi (18/2/2022)

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan materi Kebijakan Kemendikbudristek Merdeka Belajar yang disampaikan oleh Kepala LPMP Provinsi Aceh bapak Dr. Muslihuddin, M.Pd.

Adapun materi yang dibahas pada rakor ini yaitu mengenai kebijakan-kebijakan merdeka belajar Kemendikbudristek seperti Program Sekolah Penggerak dan Kurikulum Merdeka, Asesmen Nasional, Perencanaan Berbasis Data, PPG Dalam Jabatan 2022 dan tindak lanjut kemitraan penjaminan mutu pendidikan serta sosialisasi PPKM oleh Polresta Banda Aceh dengan menghadirkan narasumber dari pusat yaitu Staf Khusus Menteri dan dari Pusat Asesmen Nasional serta narasumber daerah yaitu Widyaprada dan PIC program LPMP Provinsi Aceh.

Kepala LPMP Provinsi Aceh Dr. Muslihuddin, M.Pd, menyampaikan materi Kebijakan Kemendikbudristek (18/2/2022)

LPMP Provinsi Aceh merupakan perpanjangan tangan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi di Provinsi yang bertugas sebagai pelaksana teknis dari kebijakan dan program-program Kemendikbudristek seperti kebijakan Merdeka Belajar yang terdiri atas beberapa program-program seperti Sekolah Penggerak, Asesmen Nasional dan Pemetaan Mutu, Kurikulum Merdeka, Kampus Merdeka, Perencanaan Berbasis Data dan program-program penjaminan mutu lainnya.

Kebijakan dan program-program Kemendikbudristek tersebut akan maksimal, efisien, dan multimanfaat jika bersinergi dengan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, Cabang Dinas Pendidikan Aceh dan Dinas Pendidikan 23 Kabupaten/Kota.

Kebijakan dan program-program Kemendikbudristek tersebut di atas tentu harus disinkronkan sehingga tidak tumpang tindih, efisien pendanaan, efektif waktu dan sumber daya, serta dapat memperluas cakupan program dan jumlah sasaran. Sinkronisasi program dalam bentuk Kemitraan dan kerjasama antar Lembaga/nstansi Pendidikan akan mempercepat dan mempermudah implementasi program Merdeka Belajar dan Program Aceh Carong.

Tujuan dari kegiatan rakor ini adalah untuk mensosialisasikan kebijakan Kemdikbudristek, program kerja LPMP Provinsi Aceh serta penandatanganan komitmen bersama kemitraan dan penandatanganan nota kesepahaman kemitraan dan kerjasama penjaminan mutu pendidikan antara LPMP Provinsi Aceh dengan Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.

Selain itu, diharapkan dengan dilaksanakannya Rakor ini maka dapat menyelaraskan pemahaman mengenai kebijakan Merdeka Belajar dan kemitraan/kerjasama antar Lembaga/Institusi serta membangun sinergitas antara LPMP Provinsi Aceh dengan Stakeholder tentang peningkatan mutu pendidikan di Provinsi Aceh. (SY).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BPMP Aceh Gelar Workshop Kebijakan Ujian Kesetaraan (UK) Tahun 2024

Banda Aceh – dalam rangka mendukung pelakasanaan Uji Kesetaraan (UK) yang akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang, maka BPMP Provinsi Aceh melaksanakan kegiatan Workshop Kebijakan Ujian Kesetaraan (UK) Tahun 2024 pada tanggal 25 s.d. 27 April 2024 bertempat di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Kerja Data, Perencanaan dan […]

Read More

Kemendikbudristek Terbitkan Payung Hukum bagi Implementasi Kurikulum Merdeka secara Nasional

Jakarta, 27 Maret 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya mendorong peningkatan kualitas pembelajaran bagi semua murid. Salah satu bagian penting dalam mewujudkan hal ini adalah kurikulum yang menjawab tantangan zaman yang terus berkembang. Untuk itu, Kemendikbudristek menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 12 Tahun 2024 tentang […]

Read More

Festival Kurikulum Merdeka 2024 Kembali Hadirkan Potret Cerita Kurikulum Merdeka

Jakarta, 22 April 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Potret Cerita Kurikulum Merdeka dalam rangka memeriahkan Festival Kurikulum Merdeka (FKM) tahun 2024. Sebagaimana tahun sebelumnya, aktivitas ini menjadi ruang berbagi dan belajar praktik baik yang otentik dari implementasi Kurikulum Merdeka dalam bentuk foto dan video yang disampaikan oleh peserta didik, […]

Read More