Hari: 23 Februari 2021

PENTINGNYA INOVASI PEMBELAJARAN SESUAI KARAKTERISTIK SISWA DALAM BIDANG STUDI IPA

Pentingnya Inovasi Pembelajaran Sesuai Karakteristik Siswa Dalam Bidang Studi IPA ABSTRAK Pembelajaran IPA pada intinya adalah upaya memahami konsep IPA melalui proses internalisasi dalam diri siswa dan selanjutnya penguasaan konsep tersebut diterapkan untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Kenyataan yang dijumpai selama ini guru dalam mengampu IPA menunjukkan bahwa hambatan yang paling besar pada penyelesaian masalah […]

Read More

STEM dan Model-Model Pembelajaran

Pendidikan merupakan suatu  proses  pendewasaan  diri  manusia  untuk  dapat mengembangkan peradaban yag memudahkan hidupnya. Perkembangan pendekatan dan model pembelajaran telah lama berkembang dan beragam sesuai dengan tuntutan perkembangan pengetahuan dan kebutuhan keahlian pada saat ini. Berbagai Model terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan keahlian Abad 21. Saat ini, STEM dan berbagai model pembelajaran kontekstual digalakkan untuk […]

Read More

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19 BAGI SISWA SD DI ACEH BESAR

Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Bagi Siswa SD Di Aceh Besar ABSTRAK Pembelajaran secara daring/online dilakukan oleh satuan pendidikan selama masa pandemi Covid-19. Hal ini dilaksanakan berdasarkan anjuran pemerintah yang mengharuskan WFH (Work From Home) yang berarti bekerja dari rumah. Sebagai ASN, guru berupaya melaksanakan proses pembelajaran  secara online atau dalam jaringan (daring). […]

Read More

Pembelajaran Bahasa Indonesia, Berbasisteks Dalam Kurikulum 2013

Pada Kurikulum 2013, pengembangan kurikulum mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan pendekatan pembelajaran bahasa berbasis teks. Melalui pendekatan ini diharapkan siswa mampu memproduksi dan menggunakan teks sesuai dengan tujuan dan fungsi sosialnya, bahasa Indonesia diajarkan bukan sekadar sebagai pengetahuan bahasa, melainkan sebagai teks yang mengemban fungsi untuk menjadi sumber aktualisasi diri penggunanya pada konteks sosial-budaya akademis. […]

Read More