Pemantauan Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Gelombang 1

Aceh Besar (14/10/2021) – Sebanyak 40 petugas LPMP Provinsi Aceh melakukan pemantauan program Kampus Mengajar Angkatan 2 di 11 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Pemantauan gelombang 1 (satu) ini dilakukan mulai tanggal 13 s.d. 15 Oktober 2021. Sedangkan untuk pemantauan gelombang 2 (dua) nanti akan dilakukan ditanggal 20 s.d. 22 Oktober 2021 di 10 kabupaten/kota.

Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari program Kampus Merdeka milik Kemendikbudristek dimana mahasiswa akan mengajar siswa-siswa di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang terakreditasi C atau berada di wilayah 3T (terdepan, tertinggal dan terluar).

Saat ini sedang berlangsung program Kampus Mengajar Angkatan 2 dimana mahasiswa yang terpilih mengikuti program ini akan melakukan penugasan di sekolah dari tanggal 2 Agustus s.d. 17 Desember 2021. Di Provinsi Aceh sendiri saat ini terdapat 486 mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 2 yang sedang melaksanakan tugas di 82 SD/SMP yang terakreditasi C atau berada di Wilayah 3 T di seluruh wilayah Provinsi Aceh.

Mahasiswa kampus mengajar melakukan PBM di SDN 2 Sukaramai Kab. Aceh Tamiang

Adapun tujuan dilakukannya pemantauan terhadap pelaksanaan program Kampus Mengajar ini oleh LPMP Provinsi Aceh sebagai perpanjangan tangan Kemendikbudristek yaitu untuk melihat keberadaan mahasiswa dan keterlaksanaan Program Kampus Mengajar di Provinsi Aceh. Kemudian untuk memastikan mahasiswa memiliki program secara jelas dan juga memastikan beragam kebijakan di Direktorat SD dan Direktorat SMP Kemendikbudristek telah tersampaikan. Juga memastikan bahwa keberadaan mahasiswa diterima oleh warga sekolah dan masyarakat.

Kegiatan pemantauan dilakukan dengan metode pengisian instrumen supervisi yang telah disusun oleh tim Kampus Mengajar LPMP Provinsi Aceh. Sasaran pengisian instrumen yaitu unsur pejabat di Dinas Pendidikan yang paham dengan program Kampus Mengajar, 3 (tiga) orang guru pamong di sekolah sasaran pemantauan dan 6 (enam) orang mahasiswa Kampus Mengajar di sekolah sasaran pemantauan.

PIC program Kampus Mengajar LPMP Provinsi Aceh, Yusnaini, M.Pd., menjelaskan bahwa kegiatan pemantauan dimulai dari melaksanakan pertemuan dengan Dinas Pendidikan kemudian menuju ke sekolah sasaran yang rata-rata jarak tempuhnya lumayan jauh.

Akses jalan yang harus dilalui untuk menuju ke salah satu sekolah sasaran pemantauan program Kampus Mengajar

Sesampainya di sekolah kemudian petugas LPMP melakukan pertemuan dengan Kepala Sekolah dan meminta izin mengobservasi kegiatan PBM yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Setelah itu dilaksanakan refleksi bersama semua guru pamong utk membahas kelebihan dan kelemahan yang akan diperbaiki bersama, lalu berdiskusi tentang ketercapaian program kerja mahasiswa serta kendala yang dihadapi setelah lebih kurang selama 2 (dua) bulan lebih mahasiswa diterjunkan ke sekolah sasaran. Terakhir mahasiswa akan diminta mengisi instrumen supervisi.

Hasilnya terlihat bahwa dari sisi pembelajaran mahasiswa sudah menggunakan sumber belajar dari modul literasi dan numerasi Kemendikbudristek dan sudah mulai mengimbaskan kemampuan TIK kepada guru-guru lain, membuat program-program ekstrakurikuler dan pembiasaan baik. Mahasiswa juga membimbing secara individual siswa yang belum bisa membaca, menulis dan berhitung.

Namun menurut PIC program Kampus Mengajar LPMP Provinsi Aceh, Yusnaini, M.Pd., dari hasil pemantauan terlihat para mahasiswa perlu dikuatkan lagi terkait kemampuan didaktik metodik. (SY).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advokasi Kebijakan Layanan Pendidikan Inklusif Kepada Pemerintah Daerah

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh menyelenggarakan kegiatan “Advokasi Kebijakan Layanan Pendidikan Inklusif Kepada Pemerintah Daerah” dari tanggal 14 hingga 22 Mei 2024. Kegiatan ini diadakan di Aula Dinas Pendidikan di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Dalam rangka memastikan akses setara terhadap pendidikan yang berkualitas bagi semua anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Gelar Bimtek Optimalisasi Unduhan Rapor Pendidikan bagi Satuan Pendidikan

Aceh Besar, 16 Mei 2024 – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah sukses menyelenggarakan kegiatan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Optimalisasi Unduhan Rapor Pendidikan bagi Satuan Pendidikan” pada Kamis, 16 Mei 2024. Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi: sesi pertama dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB, dan sesi kedua dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB, […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Gelar Forum Komunikasi dan Koordinasi Kampus Mengajar Angkatan 7

Aceh Besar, 16 Mei 2024 – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah sukses menggelar kegiatan “Forum Komunikasi dan Koordinasi Kampus Mengajar Angkatan 7” (FKKKM7) pada Kamis, 16 Mei 2024. Acara yang berlangsung dari pukul 14.00 hingga 15.30 ini diselenggarakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mendukung Program […]

Read More