Pelatihan Perencanaan, Penatausahaan, dan Pelaporan Sekolah Menggunakan Platform SDS, Platform Rapor Pendidikan, dan Platform Merdeka Mengajar

Banda Aceh (20/6/2022) – Untuk mempercepat penggunaan dan pemanfaatan platform Sumber Daya Sekolah (SDS), platform Rapor Pendidikan dan platform Merdeka Mengajar bagi semua sekolah penggerak di Provinsi Aceh, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh melalui Koordinatorat Bidang PEPMPK melaksanakan kegiatan Pelatihan perencanaan, penatausahaan, dan pelaporan sekolah menggunakan platform SDS, platform Rapor Pendidikan, dan platform Merdeka Mengajar dari tanggal 17 s.d. 19 Juni 2022 bertempat di Hotel Grand Nanggroe, Jl. T. Imum, Cot Mesjid, Kec. Lueng Bata, Kota Banda Aceh.

Sasaran pelatihan ini yaitu Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan 1 dari jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA dari empat Kabupaten/Kota, yaitu Kota Banda Aceh, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Nagan Raya dan Kabupaten Aceh Barat Daya; Kepala Sekolah Program Sekolah Penggerak (PSP) angkatan-2 dari jenjang PAUD, SD, SMP dan SMA dari tujuh Kabupaten/Kota, yaitu Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Simeulue, Kota Subulussalam dan Kabupaten Gayo Lues; serta para Fungsional Widyaprada dan PTP pada Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala BPMP Provinsi Aceh Dr. Muslihuddin, M.Pd., dilanjutkan dengan memberikan arahan dan kebijakan dengan sebelumnya Kasubbag Tata Usaha Khairulhadi, S.E.,M.Si., memberikan sambutannya dan melaporkan kegiatan. Kemudian Koordinator Bidang PEPMPK Herry Maidhany, S.E., memaparkan orientasi atau teknis pelaksanaan kegiatan.

Kepala BPMP Provinsi Aceh, Dr. Muslihuddin, M.Pd., membuka kegiatan pelatihan secara resmi (17/6/2022)

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu agar peserta memahami dan menguasai penggunaan Platform Sumber Daya Sekolah (SDS) yang berisi Aplikasi SIPLah (Sistem informasi Pengadaan Sekolah), Aplikasi ARKAS (Aplikasi Rencana Kerja Anggaran Sekolah), dan Aplikasi Tanya BOS; memahami dan menguasai penggunaan Dasboard/Platform Raport Pendidikan sebagai bahan dalam perencanaan berbasis data untuk menambah wawasan yang komprehensif dan rinci setiap sekolah tentang kualitas Pendidikan dalam bentuk Raport Pendidikan; serta memahami dan menguasai penggunaan Platform Merdeka Mengajar untuk mendukung para Guru agar dapat mengajar lebih baik, meningkatkan kompetensinya, dan berkembang secara karier.

Adapun narasumber pada kegiatan ini yaitu Tim Pusdatin Kemendikbudristek, Kapten Komunitas Belajar.id Provinsi Aceh dan Fungsional dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh.

Peserta sangat antusias mengikuti pelatihan. Kegiatan Pelatihan Perencanaan, Penatausahaan, dan Pelaporan Sekolah menggunakan Platform SDS, Platform Rapor Pendidikan, dan Platform Merdeka Mengajar ini menggunakan pendekatan pelatihan, diskusi kelompok terpumpun melalui kerja kelompok, tanya jawab dan presentasi hasil diskusi kelompok.

One thought on “Pelatihan Perencanaan, Penatausahaan, dan Pelaporan Sekolah Menggunakan Platform SDS, Platform Rapor Pendidikan, dan Platform Merdeka Mengajar”

  1. Tolong bilang ke disdik sumbar untuk meningkatkan dan memperketat pengawasan terhadap uang yang di berikan ke SMK ataupun SMA disana karna saya mendengar dari murid banyak yang mengeluh para guru dan bahkan kepala sekolah melakukan korupsi.

    Karena itu akan menghancurkan negara Indonesia sebab generasi yang buruk akan membuat Indonesia hancur.

    Apakah sekarang dinas pendidikan tidak memperhatikan perkembangan dari generasi muda?

    Jika kalian ingin melihat bukti silahkan lakukan pengecekan terhadap setiap sekolah.

    Maaf perkataan saya kurang sopan tetapi dari sesudah corona banyak yang para kepala sekolah yang melakukan korupsi ataupun yang lainnya.

    Serta tolong di rubah untuk sistem sekolah yang dari pagi jam 6 sampe sore itu jujur memberatkan murid.

    Sekian dari saya terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advokasi Pemerintah Daerah dan Satuan Pendidikan terkait ARKAS 4.0 BOP di 23 kab./Kota di Provinsi Aceh

BPMP Provinsi Aceh telah dilaksanakan kegiatan Advokasi Pemerintah  Daerah dan Satuan Pendidikan terkait ARKAS 4.0 BOP di 23 kab./Kota di Provinsi Aceh. Kegiatan berlangsung dalam rentang waktu 29 April s.d 3 Mei 2024 yang disesuaikan dengan kesiapan dari narasumber Dinas Pendidikan dan 20 peserta yang merupakan operator PAUD di daerah masing-masing. Melalui  Merdeka Belajar episode […]

Read More

BPMP Aceh Gelar Upacara Bendera Memperingati Hardiknas Tahun 2024

Aceh Besar – memperingati Hari Pendidikan Nasional, Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei 2024 pukul 08.00 WIB dengan mengenakan pakaian adat tradisional bertempat di lapangan upacara BPMP Provinsi Aceh unit I Niron, Suka Makmur, Aceh Besar. Upacara diikuti oleh seluruh pegawai dan PPNPN […]

Read More

BPMP Aceh Gelar Workshop Kebijakan Ujian Kesetaraan (UK) Tahun 2024

Banda Aceh – dalam rangka mendukung pelakasanaan Uji Kesetaraan (UK) yang akan dilaksanakan pada bulan Mei mendatang, maka BPMP Provinsi Aceh melaksanakan kegiatan Workshop Kebijakan Ujian Kesetaraan (UK) Tahun 2024 pada tanggal 25 s.d. 27 April 2024 bertempat di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Kerja Data, Perencanaan dan […]

Read More