DISDIK ACEH UTARA ANTUSIAS MELAKSANAKAN KEGIATAN DISEMINASI PEMDA KE SATUAN PENDIDIKAN PELAKSANA IKM TAHUN 2023

Lhoksukon – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara melaksanakan Diseminasi Pemda ke Satuan Pendidikan Pelaksana IKM Tahun 2023 di Aula Lido Graha Hotel berjalan lancar. Diikuti enam ratus (600) kepala sekolah dari jenjang Paud, SD, dan SMP, sesuai Surat Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbud Ristek No. 022/H/Kr/2023 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Tahun Ajaran 2022/2023.  Kegiatan dibuka oleh ibu Mahdalena, S.E.,M.S.M, Kabid Paud/PNF Disbud Aceh Utara pada hari Kami, 15 Juni 2023.

Pada tahun 2022 sekolah pelaksana Kurikulum merdeka berjumlah 459 satuan pendidikan, pada tahun 2023 berjumlah 510 satuan Pendidikan, jumlah keseluruhan menjadi 969 sekolah. Harapannya semua kepala sekolah dapat mngikuti kegiatan secara serius, sehingga mendapatkan informasi pengetahuan terkait dengan Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan, mengindentifikasi permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan, Pembentukan Komunitas Belajar Satuan Pendidikan, dan menyampaikan permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka pada saluran Helpdesk Kemendikbud (081281435091).

Disdikbud Aceh Utara mengucapkan apresiasi kepada BPMP Provinsi aceh selalu mendukung, mendampingan  program Merdeka Belajar sudah masuk 24 episode diluncur Kemendibudristek. Dalam mempercepat pelaksanaan Kurikulum Merdeka, Dinas Pendidikan membuat surat edaran kepada satuan Pendidikan tentang pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Alhamdulillah pada tahun 2023 berkat Kerjasama yang baik dan dukungan dari BPMP Provinsi Aceh, Kabupaten Aceh Utara mendapatkan apresiasi penghargaan Anugra Merdeka Belajar Pemerintah Daerah Transpormatif Kategori Program Indonesia Pintar pada puncak peringatan Bulan Merdeka Belajar di Yogyakarta oleh Kemendikbudristek.   

Disdikbud juga mengucapkan selamat kepala Bapak Dr. Muhammad Anis, M.Si sebagai Kepala BPMP Provinsi Aceh yang baru dilantik, semoga kolaborasi selama ini terjalin semakin mesra dan bermagna bersama meningkatkan mutu Pendidikan di Kabupaten Aceh Utara. Pada sesi tanya jawab peserta sangat antusias menanyakan berbagai permasalahan sekolah pada saat pelaksanaan Kurikulum Merdeka, diantaranya bagaiman strategi pelaksanaan IKM. Langsung dijawab oleh Fasilitator bapak Dr. Irhamni, M.Ag sekaligus Kabid Dikdas Aceh Utara.

Ada enam dukung untuk membantu satuan pendidikan dalam melaksanakan implementasi Kurikulum Merdeka yaitu: 1. Komunitas Belajar, 2. Platform Merdeka Mengajar, 3. Seri Webinar baik dari Pusat dan Daerah, 4. Narasumber berbagai praktik baik, 5. Mitra Pembangunan dan 6. Pusat layanan bantuan (Helpdes).  Selama paparan materi didampingi bapak Putra Jaya, M.Si selaku PIC Implementasi Kurikulum Merdeka, bapak Syakarni, M.Pd selaku Konsultan dan Zainal Abidin sebagai panitai pelaksana BPMP Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advokasi Kebijakan Layanan Pendidikan Inklusif Kepada Pemerintah Daerah

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh menyelenggarakan kegiatan “Advokasi Kebijakan Layanan Pendidikan Inklusif Kepada Pemerintah Daerah” dari tanggal 14 hingga 22 Mei 2024. Kegiatan ini diadakan di Aula Dinas Pendidikan di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Dalam rangka memastikan akses setara terhadap pendidikan yang berkualitas bagi semua anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Gelar Bimtek Optimalisasi Unduhan Rapor Pendidikan bagi Satuan Pendidikan

Aceh Besar, 16 Mei 2024 – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah sukses menyelenggarakan kegiatan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Optimalisasi Unduhan Rapor Pendidikan bagi Satuan Pendidikan” pada Kamis, 16 Mei 2024. Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi: sesi pertama dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB, dan sesi kedua dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB, […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Gelar Forum Komunikasi dan Koordinasi Kampus Mengajar Angkatan 7

Aceh Besar, 16 Mei 2024 – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah sukses menggelar kegiatan “Forum Komunikasi dan Koordinasi Kampus Mengajar Angkatan 7” (FKKKM7) pada Kamis, 16 Mei 2024. Acara yang berlangsung dari pukul 14.00 hingga 15.30 ini diselenggarakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mendukung Program […]

Read More