![](http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2023/12/WhatsApp-Image-2023-12-04-at-14.38.49-1.jpeg)
Banda Aceh, 3 Desember 2023 – Dalam rangka mendukung Program Pemulihan Pembelajaran untuk mengatasi ketertinggalan pembelajaran, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen) melalui Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Aceh telah melaksanakan kegiatan “Refleksi Intervensi Penguatan Literasi UPT Tahun 2023” pada tanggal 30 November 2023 s.d. 02 Desember 2023 di Oasis Atjeh Hotel Banda Aceh.
Adapun yang melatar belakangi diadakannya kegiatan ini adalah Hasil Asesmen Nasional (AN) 2022 menunjukan bahwa kurang lebih 18% SD belum mencapai kompetensi minimum literasi dan merata di 503 kabupaten/kota. Kebijakan Kemendikbudristek terkait buku bacaan bermutu untuk literasi Indonesia. Program Buku Bacaan Bermutu berfokus untuk meningkatkan kompetensi literasi dan daya baca siswa. Tahun 2022 telah terdistribusi sejumlah 15 juta ++ buku di 14.595 SD. Tahun 2024 Badan Bahasa mengalokasikan anggaran penyediaan Buku Bacaan bermutu untuk 27.280 SD pada kategori 1 berdasarkan AN 2022. Kebutuhan pendampingan agar buku dapat digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal untuk menumbuhkan kesenangan membaca dan pembelajaran. Kebutuhan Bimbingan Teknis (Bimtek), Pendampingan Komunitas Belajar (Kombel), dan Refleksi sebagai upaya pendampingan pemanfaatan buku bacaan bermutu bagi satuan pendidikan kategori satu. Kebutuhan perolehan umpan balik dari intervensi yang sudah dilaksanakan, maka dipandang perlu melakukan refleksi sehingga teru terjadi perbaikan dan peningkatan.
Tujuan dari terselenggaranya kegiatan ini adalah :
- Mengetahui pemahaman satuan pendidikan terkait cara pengelolaan dan pemanfaatan buku bacaan bermutu setelah pelatihan
- Mengetahui pemahaman satuan pendidikan terkait pengelolaan dan pemanfaatan buku bacaan bermutu setelah pendampingan
- Mengetahui praktik baik dan rencana tindak lanjut dari satuan pendidikan terkait pengelolaan dan pemanfaatan buku bacaan bermutu setelah pelatihan dan pendampingan
- Menggali dan menganalisis lesson learned yang didapatkan oleh satuan pendidikan setelah pelaksanaan pelatihan dan pendampingan pengelolaan dan pemanfaatan buku bacaan bermutu
- Menggali dan menganalisis potensi keberlanjutan praktik baik pengelolaan dan pemanfaatan buku bacaan bermutu di satuan pendidikan