Bimtek ARKAS/Markas dan SIPLah pada Pemerintah Daerah: Mendukung Pendidikan Berkualitas dan Generasi Emas 2045

Banda Aceh, 19 Maret 2024 – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) ARKAS/Markas dan SIPLah di Grand Nanggroe Hotel Banda Aceh, Selasa (19/3). Kegiatan ini dihadiri oleh 2 orang perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi, operator dinas Pendidikan 23 Kabupaten Kota, operator dari 20 Cabang dinas di kabupaten/kota dan 23 operator sekolah di berbagai satuan Pendidikan di wilayah Pemerintah Daerah.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan teknologi informasi dalam pengelolaan satuan Pendidikan serta mendukung terciptanya generasi emas Indonesia tahun 2045 yang siap menghadapi tantangan dunia digital dan globalisasi. Kepala BPMP Provinsi Aceh membuka kegiatan ini secara daring dengan menyampaikan beberapa poin-poin penting yang berkenaan dengan membangun pendidikan berkualitas dengan menyediakan sarana dan prasarana yang baik, dimana disampaikan siswa di berbagai satuan pendidikan adalah fokus dari Pendidikan dan dibantu  untuk belajar dengan baik agar dapat mencapai potensi terbaiknya melalui ketersediaan sarana prasarana yang berkualitas, hal ini menjadi landasan utama dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik.

Keterlibatan Tenaga Pendidik dan Kependidikan secara aktif menjadi kunci dalam mendukung visi Indonesia emas pada tahun 2045 yang siap menghadapi tantangan dunia digital dan globalisasi.  Disadari bahwa Peran Kementerian tidak dapat menyentuh secara langsung peserta didik disatuan Pendidikan karenanya untuk mencapai hasil yang optimal, diperlukan kerjasama erat antara pemerintah pusat, satuan Pendidikan, serta tenaga pendidik dan kependidikan.

Kepala BPMP Provinsi Aceh juga menekankan program Guru Penggerak dan Sekolah Penggerak menjadi penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di pemerintah daerah. Seleksi pengawas satuan Pendidikan yang aktif dan giat membantu satuan Pendidikan juga sangat dibutuhkan dan menjadi dari upaya untuk memastikan pelaksanaan kegiatan pendidikan berjalan efektif.                Operator di Dinas Pendidikan dan satuan Pendidikan memiliki peran krusial dalam mengoperasikan MARKAS dan SIPLah. Dengan demikian, mereka dapat memastikan bahwa perencanaan di satuan Pendidikan tersampaikan dengan baik dan efisien.  Peserta kegiatan BIMTEK diundang untuk memperbaharui pemahaman terkait MARKAS/SIPLah dan dapat mengimplementasikannya ke satuan Pendidikan lainnya. Ini menjadi langkah penting dalam memperluas dampak positif keberhasilan program ini.

Diakhir pembukaan kegiatan  Kepala BPMP menegaskan, “Jadikan pembelajaran di bulan Ramadhan ini menjadi ladang pahala ibadah kita.” Pesan ini menggaris bawahi pentingnya menjadikan setiap momen sebagai kesempatan untuk berbuat baik dan memperbaiki diri, termasuk dalam konteks pembelajaran dan pengembangan pendidikan.Kegiatan BIMTEK ARKAS/MARKAS dan SIPLah ini diharapkan menjadi awal yang baik dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Pemerintah Daerah, menghasilkan generasi yang siap menghadapi tantangan masa depan dengan penuh keyakinan dan keterampilan yang memadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kemendikbudristek Terbitkan Payung Hukum bagi Implementasi Kurikulum Merdeka secara Nasional

Jakarta, 27 Maret 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya mendorong peningkatan kualitas pembelajaran bagi semua murid. Salah satu bagian penting dalam mewujudkan hal ini adalah kurikulum yang menjawab tantangan zaman yang terus berkembang. Untuk itu, Kemendikbudristek menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 12 Tahun 2024 tentang […]

Read More

Festival Kurikulum Merdeka 2024 Kembali Hadirkan Potret Cerita Kurikulum Merdeka

Jakarta, 22 April 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Potret Cerita Kurikulum Merdeka dalam rangka memeriahkan Festival Kurikulum Merdeka (FKM) tahun 2024. Sebagaimana tahun sebelumnya, aktivitas ini menjadi ruang berbagi dan belajar praktik baik yang otentik dari implementasi Kurikulum Merdeka dalam bentuk foto dan video yang disampaikan oleh peserta didik, […]

Read More

Pendampingan Rakortek Kabupaten/Kota BAPPEDA Provinsi Oleh UPT

BPMP Provinsi Aceh menyelenggarakan Pendampingan Rakortek Kabupaten/Kota BAPPEDA Provinsi Oleh UPT pada tanggal 22 s.d 24 April 2023 dengan bertempat di Hotel Hermes Banda Aceh. Dalam Rangka pemenuhan pelayanan dasar Pendidikan di daerah, Kemendikbudristek bersama Kemendagri melalui BPMP Provinsi Aceh  selaku UPT di daerah melakukan fasilitasi  untuk sinkronisasi dan harmonisasi perencanaan pembangunan antara pusat dan […]

Read More