Perluas Dampak Sekolah Penggerak, BPMP Aceh Gelar Pemetaan Sekolah Pelaksana PSP dan Sekolah Imbas Tahun 2024

Banda Aceh – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan intervensi-intervensi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia yang dikemas dalam Program Sekolah Penggerak. Intervensi tersebut diberikan kepada satuan pendidikan dengan harapan mempercepat terjadinya transformasi pendidikan. Salah satu transformasi yang diharapkan terjadi dengan adanya Program Sekolah Penggerak adalah terjadinya peningkatan capaian hasil belajar siswa yang dapat dilihat pada kompetensi literasi, kompetensi numerasi, dan karakter.

Dengan adanya sekolah penggerak, diharapkan sekolah-sekolah tersebut dapat menjadi model bagi sekolah lainnya untuk melakukan transformasi yang serupa melalui program pengimbasan.

Program pengimbasan merupakan salah satu strategi dalam keberlanjutan dan kesinambungan program sekolah penggerak sehingga pada akhirnya seluruh sekolah di Provinsi Aceh menjadi sekolah penggerak.

Oleh karena itu, BPMP Provinsi Aceh menyelenggarakan kegiatan Pemetaan Sekolah Pelaksana PSP dan Sekolah Imbas Tahun 2024 pada tanggal 18 s.d 20 Maret 2024 bertempat di Hotel Grand Arabia Banda Aceh dengan mengundang Dinas Pendidikan Provinsi Aceh dan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota pelaksana PSP Angkatan 1 yaitu Banda Aceh, Aceh Barat Daya, Bireuen dan Nagan Raya.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendorong peningkatan mutu pembelajaran yang berkualitas bagi seluruh satuan pendidikan, menciptakan ekosistem belajar bagi satuan pendidikan, dan memperluas dampak dari program sekolah penggerak khususnya sebagai katalis untuk mempercepat terjadinya transformasi di satuan pendidikan lainnya.

Output dari kegiatan ini yaitu tersusunnya peta sekolah pelaksana PSP yang akan melaksanakan pengimbasan dan surat keputusan penetapan sekolah imbas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advokasi Kebijakan Layanan Pendidikan Inklusif Kepada Pemerintah Daerah

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh menyelenggarakan kegiatan “Advokasi Kebijakan Layanan Pendidikan Inklusif Kepada Pemerintah Daerah” dari tanggal 14 hingga 22 Mei 2024. Kegiatan ini diadakan di Aula Dinas Pendidikan di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Dalam rangka memastikan akses setara terhadap pendidikan yang berkualitas bagi semua anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Gelar Bimtek Optimalisasi Unduhan Rapor Pendidikan bagi Satuan Pendidikan

Aceh Besar, 16 Mei 2024 – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah sukses menyelenggarakan kegiatan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Optimalisasi Unduhan Rapor Pendidikan bagi Satuan Pendidikan” pada Kamis, 16 Mei 2024. Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi: sesi pertama dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB, dan sesi kedua dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB, […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Gelar Forum Komunikasi dan Koordinasi Kampus Mengajar Angkatan 7

Aceh Besar, 16 Mei 2024 – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah sukses menggelar kegiatan “Forum Komunikasi dan Koordinasi Kampus Mengajar Angkatan 7” (FKKKM7) pada Kamis, 16 Mei 2024. Acara yang berlangsung dari pukul 14.00 hingga 15.30 ini diselenggarakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mendukung Program […]

Read More