Transformasi satuan Pendidikan merupakan strategi utama dalam implementasi Merdeka Belajar. Melalui salah satu episodenya yaitu Asesmen Nasional yang menghasilkan Rapor Pendidikan, Satuan Pendidikan diharapkan melakukan Perencanaan Berbasis Data (PBD) sehingga terjadi peningkatan kualitas layanan pendidikan terutama kualitas pembelajaran. Untuk mengawal pemanfaatan Rapor Pendidikan dan Perencaan Berbasis Data, BPMP Provinsi Aceh melaksanakan kegiatan Gap Analisis Terkait Pemanfaatan Rapor Pendidikan dan PBD Satuan Pendidikan pada tanggal 6 s.d 8 Mei 2024 dengan bertempat di Aula Iskandar Muda BPMP Provinsi Aceh. Kegiatan diikuti oleh 48 Peserta dari unsur Koordinator Pengawas Sekolah dari 24 Kab/kota/Provinsi dan 12 peserta dari internal BPMP BPMP Provinsi Aceh.
Pada arahan pembukaan kegiatan, Kepala BPMP Provinsi Aceh yang diwakili oleh Ketua Tim Kerja 04 Herry Maidhani menyampaikan bahwa kunci untuk memulai peningkatan mutu adalah melalui Asesmen Nasional (AN) yang merupakan Merdeka Belajar episode 1 dan menghasilkan Rapor Pendidikan di satuan Pendidikan dan juga Rapor Pendidikan Pemerintah Daerah. Pemanfaatan Rapor Pendidikan dan pelaksanaan PBD Satuan Pendidikan seyogyanya dilaksanakan secara mandiri oleh satuan Pendidikan, dan BPMP provinsi Aceh sebagai UPT Kemendikbudristek memberikan dukungan untuk meminimalkan gap Pemanfaatan Rapor Pendidikan dan PBD Satuan Pendidikan. Lebih lanjut Herry menyampaikan harapan agar peserta dapat meneruskan hasil kegiatan kepada satuan Pendidikan dan Pengawas Sekolah lainnya di daerahnya.
Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari akan membahas tentang bagaimana mengidentifikasi dan refleksi PBD, menentukan daerah dan Satuan Pendidikan intervensi berdasarkan prioritas, meninjau progress pemanfaatan Rapor Pendidikan, dan berdiskusi terkait strategi advokasi oleh Pemerintah Daerah. Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan pergerakan dan dinamika rapor Pendidikan dan mendorong pemerintah daerah untuk memfasilitasi satuan Pendidikan dalam peningkatan mutu melalui penyediaan akses yang dibutuhkan. Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta memiliki gambaran tentang perkembangan pemanfaatan Rapor pendidikan dan PBD dan dapat menindaklanjuti pemanfaatan Rapor pendidikan dan PBD di satuan Pendidikan melalui strategi advokasi yang tepat dan tersistem.