BPMP Provinsi Aceh Menggelar Kegiatan Rakor Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024

BPMP Provinsi Aceh telah melaksanakan Rakor Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024 pada tanggal 6 s.d 8 Mei 2024 dengan bertempat di The Pade Hotel Aceh Besar. Kegiatan dibuka oleh kepala BPMP Provinsi Aceh, Muhammad Anis secara daring. Dalam pembukaan, Muhammad Anis menyampaikan bahwa Gerakan Sekolah Sehat merupakan salah satu Program Prioritas Kemendikbudristek dalam upaya meningkatkan kualitas lingkungan Sekolah terutama kualitas pembelajaran. Lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan sehat sangat mempengaruhi psikologis Peserta Didik dalam pembelajaran. Melalui perwujudan Sekolah sehat akan mewujudkan pembelajaran yang  merdeka sehingga terwujudnya Peserta Didik yang sehat, cerdas, dan berkarakter.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari yang dihadiri oleh 60 orang peserta berasal dari unsur Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan 23 Kabupaten/Kota, Kepala Cabang Dinas Pendidikan 20 Kabupaten/Kota, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Aceh, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala BKKBN Aceh, Kepala BBPOM Aceh dan UNICEF serta unsur BPMP Aceh.

Dalam Rakor ini dibahas tentang Program GSS tahun 2024, hasil asesmen awal Sekolah binaan GSS provinsi Aceh, penguatan Unit Kesehatan Sekolah, well being peserta Didik dan lingkungan Sekolah yang aman dan sehat. Dalam upaya untuk mengefektifkan implementasi GSS di Provinsi Aceh, peserta juga menyusun strategi percepatan implementasi GSS di daerahnya masing-masing dan penandatanganan Komitmen bersama untuk mewujudkan implementasi Gerakan Sekolah Sehat di seluruh wilayah di Provinsi Aceh.

Narasumber yang dilibatkan dalam kegiatan berasal dari unsur Profesional seperti dokter Yani dari Biro Kesra Setda Provinsi Aceh, dokter Dara dari Dinas Kesehatan Aceh, dokter Tira dan dokter Natasya dari UNICEF serta narasumber pusat dari Kemendikbudristek Direktorat SD dan juga unsur PIC PDM 11 BPMP Provinsi Aceh.

Rakor ini bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang Program Gerakan Sekolah Sehat (GSS) kepada pemangku kepentingan dan bersama berkolaborasi dengan lembaga yang relevan dalam upaya mendampingi, memantau dan mengevaluasi pelaksanaan GSS di seluruh satuan pendidikan di wilayah masing-masing. Diharapkan setelah rakor ini terlaksana, Seluruh Pemangku kepentingan yang terlibat akan berkolaborasi dan bersinergi harmonis dalam mendukung GSS dan mewujudkan Sekolah yang berpihak kepada siswa.

“Bergerak Bersama Tingkatkan Imunitas dan Kesehatan Siswa Indonesia-Kita (BESTI-ASIK)”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Advokasi Kebijakan Layanan Pendidikan Inklusif Kepada Pemerintah Daerah

Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh menyelenggarakan kegiatan “Advokasi Kebijakan Layanan Pendidikan Inklusif Kepada Pemerintah Daerah” dari tanggal 14 hingga 22 Mei 2024. Kegiatan ini diadakan di Aula Dinas Pendidikan di 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh. Dalam rangka memastikan akses setara terhadap pendidikan yang berkualitas bagi semua anak, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus, […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Gelar Bimtek Optimalisasi Unduhan Rapor Pendidikan bagi Satuan Pendidikan

Aceh Besar, 16 Mei 2024 – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah sukses menyelenggarakan kegiatan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Optimalisasi Unduhan Rapor Pendidikan bagi Satuan Pendidikan” pada Kamis, 16 Mei 2024. Kegiatan ini berlangsung dalam dua sesi: sesi pertama dari pukul 09.00 hingga 11.00 WIB, dan sesi kedua dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB, […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Gelar Forum Komunikasi dan Koordinasi Kampus Mengajar Angkatan 7

Aceh Besar, 16 Mei 2024 – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah sukses menggelar kegiatan “Forum Komunikasi dan Koordinasi Kampus Mengajar Angkatan 7” (FKKKM7) pada Kamis, 16 Mei 2024. Acara yang berlangsung dari pukul 14.00 hingga 15.30 ini diselenggarakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya mendukung Program […]

Read More