Penyusunan Alur Cerita Program Prioritas Merdeka Belajar di BPMP Provinsi Aceh

Aceh Besar, 13 September 2024 – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah menyelesaikan kegiatan “Penyusunan Alur Cerita/Substansi Konten Program Prioritas” yang berlangsung pada tanggal 11 s.d 13 September 2024 di BPMP Provinsi Aceh. Kegiatan ini diikuti oleh 14 orang pegawai internal BPMP Provinsi Aceh dari masing-masing Tim Kerja dan Bagian Umum BPMP Provinsi Aceh.

Dalam pembukaannya, kepala BPMP Provinsi Aceh, Muhammad Anis menyampaikan bahwa dalam mendukung glorifikasi dan amplifikasi Kebijakan Merdeka Belajar (KMB) yang telah menjadi fondasi transformasi pendidikan di Indonesia sejak 2019, publikasi dan komunikasi memegang peran penting. Pencapaian dan praktik baik dari setiap program dari berbagai episode disampaikan kepada masyarakat melalui berbagai media baik yang dimiliki oleh BPMP Provinsi Aceh maupun melalui media massa dan media sosial oleh pihak luar. Untuk mendukung pemberitaan pencapaian dan kebermanfaatan dari KMB oleh internal BPMP Provinsi Aceh maka dibutuhkan keterampilan dalam strategi dan penyampaian alur cerita dari program-program prioritas ini. Setelah kegiatan “Penyusunan Alur Cerita/Substansi Konten Program Prioritas” diharapkan peserta memiliki kemampuan dalam menyusun strategi, membuat alur cerita, membuat berita dan juga mampu membuat konten yang menarik dan bermakna.

Sejumlah materi diberikan kepada para peserta. Materi pertama pada hari pertama berupa “Prioritas Merdeka Belajar: Objektif, dampak harapan, dan mitigasi krisis komunikasi dalam Implementasi Program Prioritas” yang disampaikan secara daring oleh Fitriasari Lead Workstream Strategic Communication Planner PDM 07 Pusat.

Selanjutnya pada hari kedua peserta dibekali dengan materi menyusun alur cerita/storyline produk publikasi dari program prioritas yang akan dibuat oleh UPT, materi ini disampaikan oleh konten kreator Suhil Alfata.

Hari terakhir kegiatan diisi dengan pembuatan konten menggunakan aplikasi smartphone oleh masing-masing peserta kegiatan dan dipandu langsung oleh pemateri. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan pegawai BPMP Provinsi Aceh dalam menentukan tema, pesan utama, dan alur cerita, serta membuat video singkat dari alur cerita yang disusun. Produk publikasi ini selanjutnya di tayangkan di media sosial peserta dan media sosial BPMP Provinsi Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UNESCO dan UNICEF Tunjuk Indonesia Adakan Gateways Study Visit 2024

Jakarta, 11 September 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hari ini mengumumkan penyelenggaraan Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) pada 1–3 Oktober 2024 di Bali. Konferensi internasional bertajuk “Lebih dari Intervensi Teknologi: Menavigasi Transformasi Pendidikan Indonesia” tersebut direncanakan akan dihadiri oleh delegasi lebih dari 20 negara dan organisasi internasional. Acara ini menjadi kesempatan […]

Read More

BPMP Aceh Lakukan Pemantauan Pelaksanaan Asesmen Nasional Jenjang SMP

Aceh Besar – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah menginisiasi operasi pemantauan intensif terhadap pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di seluruh wilayah Aceh. Langkah ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah daerah dalam memastikan kualitas pendidikan yang lebih baik, serta menjamin pelaksanaan AN berlangsung dengan lancar dan adil bagi […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Gelar Pendampingan untuk Satuan Pendidikan Binaan GSS dalam Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) Tahun 2024

Aceh, 4 September 2024 – Satuan Pendidikan Binaan Gerakan Sekolah Sehat (GSS) Tahun 2024 tengah melaksanakan Tes Kebugaran Siswa Indonesia (TKSI) untuk mengukur tingkat kebugaran fisik siswa di berbagai jenjang pendidikan. Tes ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kesehatan dan kebugaran siswa di seluruh Indonesia, dengan fokus khusus pada pengembangan fisik siswa. Dalam rangka menindaklanjuti […]

Read More