UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA MATERI GENRE MUSIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA MATERI GENRE MUSIK MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DI SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK

Oleh: Kasmadewi

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni budaya materi genre musik pada siswa kelas X MIA. 2 di SMA Negeri 1 Idi Rayeuk melalui penerapan pembelajaran discovery learningpada tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi, yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian siswa kelas X. MIA 2 yang berjumlah 33 orang, terdiri 10 siswa laki-laki dan 23 siswa perempuan. Data yang digunakanadalah nilai hasil belajar pada kondisi awal, siklus I dan siklus II, dan data data observasi.Data dianalisis secara deskriptif yang digambarkan dalam bentuk grafik. Indikator keberhasilan penelitian ditetapkan, siswa tuntas belajar jika memperoleh nilai tes di atas nilai KKM yaitu ≥ 75, dengan jumlah ≥ 85%. Hasil penelitian, jika pada kondisi awal siswa yang tuntas 51,52%, maka pada siklus I dengan pembelajaran discovery learning, diperoleh siswa tuntas sebanyak 75,76%. Hasil ini belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Penyebabnya, masih ada siswa yang belum mengerti tugas yang dikerjakan, siswa kurang memahami cara menggunakan alat peraga pianika, dan siswa kurang mandiri membuat pertanyaan dan kurang memperhatikan jalannya diskusi serta presentasi kelompok. Adanya perbaikan kelemahan-kelemahan tindakan pada siklus I, pada siklus IIsiswa yang tuntas mampu mencapai 90,91%, dan hasil ini telah mencapai indikator kinerja yang ditargetkan.

Kata Kunci: genre musik, hasil belajar, model discovery learning

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More