JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021
PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR
Oleh: Elvina Waty
ABSTRAK
Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus dan RPP. Untuk meneliti lemahnya kinerja guru dalam hal tersebut, dilakukanlah penelitian yaitu melalui supervisi akademik berkelanjutan yang dilakukan kepala sekolah bersama Tim yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Studi ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan yaitu melalui supervisi administrasi perencanaan dam supervisi pelaksanaan pada proses pembelajaran di kelas. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode studi yang dilakukan adalah dengan melaksanakan supervisi akademik yang meliputi supervisi administrasi dan akademik. Dengan taraf keberhasilan; untuk administrasi perencanaan 80% keatas kategori baik, dan untuk kualitas silabus, RPP dan kesesuaian pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan RPP kategori baik bila memiliki nilai 70% keatas. Berdasarkan hasil pelaksanaan Supervisi administrasi dan akademik yang dilakukan secara berkelanjutan terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP di SMP Negeri 2 Peukan Bada. Hasil penelitian terbukti dengan meningkatnya jumlah guru yang memiliki administrasi perencanaan pembelajaran dari 38,39% menjadi 93,75%., kualitas silabus dari 41.84% menjadi 79.72%, kualitas RPP dari 39,24& menjadi 79,87% dan kesesuaian RPP dengan pelaksaaan Proses Pembelajaran di kelas dari 64,52 menjadi 81,40%, semuanya berkategori baik.
Kata Kunci: Kompetensi guru, perangkat pembelajaran, supervisi akademik berkelanjutan