PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

Oleh: Elvina Waty

ABSTRAK

Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus dan RPP. Untuk meneliti lemahnya kinerja guru dalam hal tersebut, dilakukanlah penelitian yaitu melalui supervisi akademik berkelanjutan yang dilakukan kepala sekolah bersama Tim yang dapat meningkatkan kompetensi guru dalam penyusunan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Studi ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan yaitu melalui supervisi administrasi perencanaan dam supervisi pelaksanaan pada proses pembelajaran di kelas. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode studi yang dilakukan adalah dengan melaksanakan supervisi akademik yang meliputi supervisi administrasi dan akademik. Dengan taraf keberhasilan; untuk administrasi perencanaan 80% keatas kategori baik, dan untuk kualitas silabus, RPP dan kesesuaian pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan RPP kategori baik bila memiliki nilai 70% keatas. Berdasarkan hasil pelaksanaan Supervisi administrasi dan akademik yang dilakukan secara berkelanjutan terbukti dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun silabus dan RPP di SMP Negeri 2 Peukan Bada. Hasil penelitian terbukti dengan meningkatnya jumlah guru yang memiliki administrasi perencanaan pembelajaran dari 38,39% menjadi 93,75%., kualitas silabus dari 41.84% menjadi 79.72%, kualitas RPP dari 39,24& menjadi 79,87% dan kesesuaian RPP dengan pelaksaaan Proses Pembelajaran di kelas dari 64,52 menjadi 81,40%, semuanya berkategori baik.

Kata Kunci: Kompetensi guru, perangkat pembelajaran, supervisi akademik berkelanjutan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI SUMPAH PEMUDA PELAJARAN PKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING PADA SDN 10 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI SUMPAH PEMUDA PELAJARAN PKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING PADA SDN 10 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA Oleh: Tarmizi ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah melalui Model Pembelajaran Reciprocal Learning Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI […]

Read More