JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI SUMPAH PEMUDA PELAJARAN PKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING PADA SDN 10 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA
Oleh: Tarmizi
ABSTRAK
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah melalui Model Pembelajaran Reciprocal Learning Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Materi Sumpah Pemuda Pelajaran PKn Pada SDN 10 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI Pelajaran PKn materi Sumpah Pemuda melalui Model Pembelajaran Reciprocal Learning pada SDN 10 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan September s.d November 2019. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN 10 Muara Batu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran melalui Model Pembelajaran Metode Pembelajaran Resiprocal Learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (15%), siklus I (60%), siklus II (100%). Pembelajaran melalui Model Pembelajaran Reciprocal Learning memiliki dampak positif terhadap kerjasama antara siswa, hal ini ditunjukkan adanya tanggung jawab dalam kelompok dimana siswa yang lebih mampu membahas hasil temuan masing-masing.
Kata kunci: Prestasi belajar, Model Pembelajaran Reciprocal Learning