UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI UNGGUL TENTANG SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL PORTOPOLIO PADA SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI UNGGUL TENTANG SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MELALUI METODE KOOPERATIF MODEL PORTOPOLIO PADA SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK

Oleh: Nuraini

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas X1. Unggul SMA Negeri 1 Idi Rayeuk tentang sistim pernapasan manusia dapat ditingkatkan melalui metode koperatif model portofolio, karena dengan pembelajaran awal yang didominiasi oleh ceramah berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini melalui prosedur perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dalam tiap siklus. Ada dua siklus yang dilakukan, dengan subjek penelitian berjumlah 26 orang orang. Data kualitatif dikumpulkan melalui lembaran observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Data kuantitatif diperoleh dari jawaban siswa dalam menjawab soal tes. Data kualitatif dianalisis secara dekspritif, sedangkan data kualitatif dianalisis secara statistik sederhana. Penelitian ini dianggap berhasil apabila jumlah siswa yang mendapat nilai tuntas (nilai ≥ 70) adalah ≥ 75%. Kondisi awal jumlah siswa tuntas hanya 26,67%, dengan pembelajaran metode koperatif model portofolio pada siklus I, jumlah siswa tuntas mencapai 50%. Adanya berbagai refleksi pada pelaksanaan siklus II, jumlah siswa tuntas mencapai 86,67%. Ini menandakan bahwa hasil belajar pelajaran biologi siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Idi tentang bakteri melalui metode koperatif model portofolio dapat ditingkatkan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019.

Kata kunci: Hasil belajar, sistim pernapasan manusia, metode koperatif model portofolio.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More