UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX-3 SMPN 7 BANDA ACEH PADA PELAJARAN IPS MENDESKRIPSIKAN UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX-3 SMPN 7 BANDA ACEH PADA PELAJARAN IPS MENDESKRIPSIKAN UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW

Oleh: Sofiah Lingga

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW pada pelajaran IPS di kelas IX-3, (2) Untuk meningkatkan Aktivitas siswa dan (3) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX-3 SMPN 7 Banda Aceh pada pelajaran IPS dalam K.D. mendeskripsikan uang dan lembaga keuangandengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-3 dengan jumlah 32 orang siswa.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes, observasi, dan penyebaran angket.Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes, dan angket respon siswa.Analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif. Pengolahan data dilakukan cara; (a) untuk melihat aktivitas guru dan siswa melalui lembar observasi, diolah menggunakan statistik deskriptif dengan skor rata-rata, (b) data tes hasil belajar siswa diolah dengan melihat tingkat ketuntasan individual dan klasikal, (c) hasil data dari angket diolah dengan menggunakan rumus persentase sederhana. Hasil penelitian menunjukkan Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus pertama dinyatakan hampir baik (3,56) kemudian meningkat pada siklus II dengan kriteria baik ( 4,42), sedangkan aktivitas siswa pada siklus I pada kriteria cukup baik (3,19) kemudian siklus II pada kriteri baik (4,05). Begitu juga dengan hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu pada siklus pertama siswa yang tuntas belajar sebanyak 68,75%. Sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 81,25%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Tipe JIGSAW, Pelajaran IPS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More