JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA PEMBELAJARAN MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONEIA TEMA DIRI SENDIRI SISWA KELAS I SD NEGERI 1 SINGKOHOR KABUPATEN ACEH SINGKIL
Oleh: Siti Aminah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan pembelajaran muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah : Apakah melalui media kartu huruf pada pembelajaran muatan pelajaran Bahasa Indonesia tema diri sendiri dapat meningkatkan hasil belajar menulis permulaan siswa kelas I SD Negeri 1 Singkohor. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menulis permulan melalui media kartu hurup pada pembelajaran muatan pelajaran Bahasa Indonesia tema diri sendiri siswa kelas I SD Negeri Singkohor . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s/d Oktober tahun 2018 Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas I berjumlah 21 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan melakukan uji formatif pada akhir pertemuan yang digunakan untuk mengukur hasil belajar anak. Analisis data terhadap hasil belajar anak dilakukan dengan menggunakan statistic deskriptif, yaitu membandingkannya dengan patokan skor nilai rata-rata pada prestasi belajar anak dengan skor yang telah ditetapkan di sekolah sebesar ≥ 80. penerapan media kartu huruf dapat meningkatkan prestasi hasil belajar muatan Bahasa Indonesia pada kelas I SD Negeri Singohor dengan tema Diri Sendiri . Hal ini terlihat dari ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 masing-masing menjadi sebesar 52% dan 66%, selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 dan 2 masing[1]masing menjadi sebesar 80% dan 95%. Jadi dari data tersebut, telihat jelas peningkatan prestasi hasil belajar yang dialami oleh siswa kelas I SD Negeri 1 Singkohor Kecamatan Singkohor Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh
Kata kunci: Hasil belajar siswa, media kartu huruf