MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA PEMBELAJARAN MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONEIA TEMA DIRI SENDIRI SISWA KELAS I SD NEGERI 1 SINGKOHOR KABUPATEN ACEH SINGKIL

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENULIS PERMULAAN MELALUI MEDIA KARTU HURUF PADA PEMBELAJARAN MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONEIA TEMA DIRI SENDIRI SISWA KELAS I SD NEGERI 1 SINGKOHOR KABUPATEN ACEH SINGKIL

Oleh: Siti Aminah

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan pembelajaran muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Rumusan masalah : Apakah melalui media kartu huruf pada pembelajaran muatan pelajaran Bahasa Indonesia tema diri sendiri dapat meningkatkan hasil belajar menulis permulaan siswa kelas I SD Negeri 1 Singkohor. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menulis permulan melalui media kartu hurup pada pembelajaran muatan pelajaran Bahasa Indonesia tema diri sendiri siswa kelas I SD Negeri Singkohor . Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Agustus s/d Oktober tahun 2018 Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas I berjumlah 21 orang yang terdiri dari 9 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.. Observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan melakukan uji formatif pada akhir pertemuan yang digunakan untuk mengukur hasil belajar anak. Analisis data terhadap hasil belajar anak dilakukan dengan menggunakan statistic deskriptif, yaitu membandingkannya dengan patokan skor nilai rata-rata pada prestasi belajar anak dengan skor yang telah ditetapkan di sekolah sebesar ≥ 80. penerapan media kartu huruf dapat meningkatkan prestasi hasil belajar muatan Bahasa Indonesia pada kelas I SD Negeri Singohor dengan tema Diri Sendiri . Hal ini terlihat dari ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 masing-masing menjadi sebesar 52% dan 66%, selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 dan 2 masing[1]masing menjadi sebesar 80% dan 95%. Jadi dari data tersebut, telihat jelas peningkatan prestasi hasil belajar yang dialami oleh siswa kelas I SD Negeri 1 Singkohor Kecamatan Singkohor Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh

Kata kunci: Hasil belajar siswa, media kartu huruf

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More