JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020
DENGAN PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY DAN REPETITION (AIR) DAPAT MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUPPELAJARAN IPA PADA SMP NEGERI 1 BANDA BARO KABUPATEN ACEH UTARA
Oleh: Wardah
ABSTRAK
Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually dan Repetition (AIR) Dapat Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pelajaran IPA Pada SMP Negeri 1 Banda Baro Kabupaten Aceh Utara? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk Dapat Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually dan Repetition (AIR) Pada SMP Negeri 1 Banda Baro Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan September s.d November 2018. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Banda Baro. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Banda Baro. Jadi dapat disimpulkan bahwa Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually dan Repetition (AIR) Dapat Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pelajaran IPA Pada SMP Negeri 1 Banda Baro Kabupaten Aceh Utara.
Kata kunci: Model pembelajaran Auditory, Intellectually dan repetition (AIR), prestasi belajar.