DENGAN PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY DAN REPETITION (AIR) DAPAT MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUPPELAJARAN IPA PADA SMP NEGERI 1 BANDA BARO KABUPATEN ACEH UTARA

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

DENGAN PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY DAN REPETITION (AIR) DAPAT MENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUPPELAJARAN IPA PADA SMP NEGERI 1 BANDA BARO KABUPATEN ACEH UTARA

Oleh: Wardah

ABSTRAK

Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually dan Repetition (AIR) Dapat Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pelajaran IPA Pada SMP Negeri 1 Banda Baro Kabupaten Aceh Utara? Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah: Untuk Dapat Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually dan Repetition (AIR) Pada SMP Negeri 1 Banda Baro Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan September s.d November 2018. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Banda Baro. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Banda Baro. Jadi dapat disimpulkan bahwa Melalui Model Pembelajaran Auditory, Intellectually dan Repetition (AIR) Dapat Meningkatan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Pelajaran IPA Pada SMP Negeri 1 Banda Baro Kabupaten Aceh Utara.

Kata kunci: Model pembelajaran Auditory, Intellectually dan repetition (AIR), prestasi belajar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More