JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020
MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PEMBERDAYAAN SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PIDIE
Oleh: Ernawati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, peran kepala sekolah, dan faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kepemimpinan kepala sekolah dalam pemberdayaan sekolah sebagai upaya implementasi peran kepala sekolah dalam menjalankan tugas sebagai pemimpin pembelajaran, mengembangkan jiwa wirausaha serta pelaksanaan supervisi secara berkala dan berkelanjutan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Prosedur analisis data adalah reduksi data, display data, dan verifikasi. Sedangkan subjek penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan manajemen peningkatan kepemimpinan kepala sekolah di sekolah dasar dalam Kabupaten Pidie dilakukan melalui: (a) tahapan sosialisasi, (b) perumusan visi, misi dan tujuan sekolah, (c) melibatkan sejumlah sumber daya pendidikan untuk ketercapaian prorgam sekolah, (d) melakukan analisis SWOT terhadap program pendidikan yang sudah dilaksanakan, (e) penyusunan rencana dan program kerja peningkatan mutu, dan (f) pelaksanaan program dan evaluasi; (2) Peran kepala sekolah dalam implementasi manajemen kepemimpinan sekolah sudah difungsikan dengan baik dan benar, hanya saja dalam aspek kepemimpinan kewirausahaan dan supervise pendidik belum dijalankan secara optimal; dan (3) Faktor yang dominan yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen kepemimpinan antara lain kemandirian sekolah dan manajemen berbasis sekolah dilaksanakan secara transparan dan partisipatif.
Kata kunci: Manajemen kepemimpinan dan pemberdayaan sekolah
terima kasih atas berbagi kebaikannya