PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA NEGERI I MONTASIK ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020

PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA NEGERI I MONTASIK ACEH BESAR

Oleh: Hayaton

ABSTRAK

Untuk mengungkapkan kualitas proses dan hasil belajar siswa telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK), karena data yang dikumpulkan bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas, terutama sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA. Negeri 1 Montasik, Kabupaten Aceh Besar, Tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian hasil belajar yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis persentase, sedangkan untuk observasi dan p[ersepsi siswa terhadap penggunaan pembelajaran kooperatif model jigsaw dianalisis dengan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan kooperatif model jigsaw lebih meningkat dari siklus 1 diperoleh 75.3 sedangkan pada siklus 2 diperoleh 78.6. Hasil Observasi Keaktifan Siswa pada siklus 1 diperoleh 80,53%, dan pada siklus 2 diperoleh 82.69%. Hasil persepsi siswa pada siklus I diperoleh 81.3%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh 88.1%, dari kesemua data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif model jigsaw, proses belajar, dan hasil belajar Kimia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More