JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020
PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI SMA NEGERI I MONTASIK ACEH BESAR
Oleh: Hayaton
ABSTRAK
Untuk mengungkapkan kualitas proses dan hasil belajar siswa telah dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK), karena data yang dikumpulkan bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas, terutama sebagai suatu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA. Negeri 1 Montasik, Kabupaten Aceh Besar, Tahun pelajaran 2017/2018. Data penelitian hasil belajar yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis persentase, sedangkan untuk observasi dan p[ersepsi siswa terhadap penggunaan pembelajaran kooperatif model jigsaw dianalisis dengan analisis deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan kooperatif model jigsaw lebih meningkat dari siklus 1 diperoleh 75.3 sedangkan pada siklus 2 diperoleh 78.6. Hasil Observasi Keaktifan Siswa pada siklus 1 diperoleh 80,53%, dan pada siklus 2 diperoleh 82.69%. Hasil persepsi siswa pada siklus I diperoleh 81.3%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh 88.1%, dari kesemua data tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: Pembelajaran Kooperatif model jigsaw, proses belajar, dan hasil belajar Kimia.