PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR EKONOMI DAN AKTIVITAS SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 9 BANDA ACEH MATERI PERMASALAHAN KETENAGAKERJAAN DI INDONESIA

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020

Oleh: Murniati Sofyan

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar Ekonomi pada materi permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan yaitu Januari s.d. Maret 2017 semester Genap tahun pelajaran 2016-2017. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Banda Aceh tahun 2017 di Kelas XI IPS 1 tentang Materi Permasalahan Ketenagakerjaan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan di kelas XI IPS 1 karena penulis adalah guru bidang studi Ekonomi yang mengajar di kelas tersebut. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas XI IPS 1 yang berjumlah 22 orang terdiri dari 4 putra dan 18 putri. Sumber data berasal dari siswa Kelas XI IPS 1, hasil observasi dari teman sejawat yang merupakan guru kolaborasi dalam melaksanakan penelitian ini, dokumen nilai, dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar meningkat dari satu tahap ke tahap berikutnya. Hasil perolehan pada siklus I dengan persentase ketuntasan sebesar 45,45% nilai rata-rata kelas sebesar 64,7% dan meningkat pada hasil tes siklus II sebesar 67,5% dengan nilai rata-rata kelas 82,7.

Kata Kunci: Hasil belajar, Ketenagakerjaan, Snowball Throwing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More