PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI ATURAN SINUS DAN KOSINUS PADA SISWA KELAS X-IPA-2 SMA NEGERI 9 BANDA ACEH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020

Oleh: Nurbaiti

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Aturan Sinus dan Kosinus melalui penerapan model TGT di kelas X semester II tahun 2016. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 9 Banda Aceh kelas X-IPA-2 semester genap tahun ajaran 2015/2016 pada materi Aturan Sinus dan Kosinus. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan yaitu bulan Maret s.d. Mai 2016 semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa-siswi SMA Negeri 9 Banda Aceh kelas X-IPA-2 tahun pelajaran 2015/2016. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali tatap muka pada akhir kegiatan proses pembelajaran, pada akhir tes pengukuran hasil belajar yang akan dijadikan tolak ukur akhir belajar siswa. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terdiri dari 17 orang siswa perempuan dan 5 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari satu tahap ke tahap berikutnya. Pada siklus I pertemuan 1 ketuntasan siswa adalah 74.3%, Pertemuan ke-2 83,53%. Pada Siklus II pertemuan 1 ketuntasan siswa adalah 82,87% dan meningkat menjadi 84,6% pada pertemuan ke-2.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Aturan Sinus dan Cosinus, Teams-Games-Tournaments (TGT).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More