JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020
Oleh: Nurbaiti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi Aturan Sinus dan Kosinus melalui penerapan model TGT di kelas X semester II tahun 2016. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 9 Banda Aceh kelas X-IPA-2 semester genap tahun ajaran 2015/2016 pada materi Aturan Sinus dan Kosinus. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan yaitu bulan Maret s.d. Mai 2016 semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa-siswi SMA Negeri 9 Banda Aceh kelas X-IPA-2 tahun pelajaran 2015/2016. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus dilaksanakan dua kali tatap muka pada akhir kegiatan proses pembelajaran, pada akhir tes pengukuran hasil belajar yang akan dijadikan tolak ukur akhir belajar siswa. Setiap siklus dilaksanakan dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa sebanyak 22 orang yang terdiri dari 17 orang siswa perempuan dan 5 orang siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari satu tahap ke tahap berikutnya. Pada siklus I pertemuan 1 ketuntasan siswa adalah 74.3%, Pertemuan ke-2 83,53%. Pada Siklus II pertemuan 1 ketuntasan siswa adalah 82,87% dan meningkat menjadi 84,6% pada pertemuan ke-2.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Aturan Sinus dan Cosinus, Teams-Games-Tournaments (TGT).