PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKARYA DAN KEWIRA USAHAAN (PKWU) ASPEK KERAJINAN DARI BAHAN LIMBAH PELEPAH PINANG BERBENTUK BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS XI MIA-1 SMAN 1 DARUL AMAN

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020

Oleh: Retliza

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) aspek Kerajinan dari Bahan Limbah Pelepah Pinang Berbentuk Bangun Ruang pada siswa kelas XI MIA-1 SMAN 1 Darul Aman. Jenis penelitian ini merupakan jenis Peneltiaan Tindakan Kelas (PTK) dengan memberikan tindakan dengan dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Dilaksanakan selama 4 bulan di mulai dari Januari sampai dengan April. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI MIA-1 SMAN 1 Darul Aman KabupatenAceh Timur. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar pada siklus I dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan mulai, siklus I, siklus II. hal ini di ketahui dari persentase ketuntasan belajar dengan penerapan Problem Based Learning (PBL) juga meningkat dari siklus I sebesar 56%, kemudian meningkat sebesar 88% dari persentase ketuntasan kelas yang di harapkan peneliti yaitu 85% dalam satu kelas.dengan nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II yaitu dari 73 menjadi 88. Disimpulkan bahwa hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PKWU kelas XI MIA-1 SMAN 1 Darul Aman

Kata Kunci: Hasil Belajar Meningkat, Problem Based Learning (PBL), Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More