JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020
Oleh: Retliza
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar prakarya dan kewirausahaan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) aspek Kerajinan dari Bahan Limbah Pelepah Pinang Berbentuk Bangun Ruang pada siswa kelas XI MIA-1 SMAN 1 Darul Aman. Jenis penelitian ini merupakan jenis Peneltiaan Tindakan Kelas (PTK) dengan memberikan tindakan dengan dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Dilaksanakan selama 4 bulan di mulai dari Januari sampai dengan April. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI MIA-1 SMAN 1 Darul Aman KabupatenAceh Timur. Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa hal ini terbukti dari peningkatan hasil belajar pada siklus I dapat meningkatkan hasil belajar. Peningkatan mulai, siklus I, siklus II. hal ini di ketahui dari persentase ketuntasan belajar dengan penerapan Problem Based Learning (PBL) juga meningkat dari siklus I sebesar 56%, kemudian meningkat sebesar 88% dari persentase ketuntasan kelas yang di harapkan peneliti yaitu 85% dalam satu kelas.dengan nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan dari siklus I kesiklus II yaitu dari 73 menjadi 88. Disimpulkan bahwa hasil belajar Prakarya dan Kewirausahaan siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Base Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar PKWU kelas XI MIA-1 SMAN 1 Darul Aman
Kata Kunci: Hasil Belajar Meningkat, Problem Based Learning (PBL), Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU)