Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek bersama Komisi X DPR-RI Menggelar Workshop Sosialisasi Buku dan Kurikulum di LPMP Provinsi Aceh

Aceh Besar (21/12/2021) – Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbudristek bersama dengan Komisi X DPR-RI menyelenggarakan kegiatan Workshop Sosialisasi Buku dan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran yang bertempat di Gedung Aula LPMP Provinsi Aceh pada Selasa, 21 Desember 2021.

Sebagaimana kita tahu bahwa pandemi Covid-19 telah berlangsung selama 2 (dua) tahun, selama itu pula pandemi telah menyebabkan terjadinya ketertinggalan pembelajaran (learning loss) pada ketercapaian kompetensi peserta didik. Untuk mengatasi hal tersebut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi akan mengeluarkan kebijakan pemulihan pembelajaran terkait dengan implementasi kurikulum oleh satuan pendidikan.

Workshop Sosialisasi Buku dan Kurikulum di Aula Utama LPMP Provinsi Aceh (21/12/2021)

Kegiatan workshop dibuka langsung secara resmi oleh anggota Komisi X DPR-RI ibu Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, S.E. yang mewakili pimpinan Komisi X DPR-RI dan juga didampingi oleh Plt. Kepala Pusat Perbukuan bapak Supriyatno, S.Pd., M.A.

Dalam sambutannya beliau memaparkan sedikit tentang kurikulum paradigma baru yang sedang dikembangkan di Sekolah Penggerak dan nanti akan menjadi salah satu opsi kurikulum yang akan diterapkan ke satuan Pendidikan lainnya.

Kurikulum prototipe yang disiapkan Kemendikbudristek menjadi penting untuk bisa mengatasi learning loss yang diakibatkan pandemi Covid-19. Kebijakan kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran.

“Tahun 2022-2024 merupakan masa pemulihan pembelajaran, salah satu alternatif kurikulum yang bisa digunakan sekolah adalah kurikulum prototipe yang saat ini sedang digunakan oleh Sekolah Penggerak” ujar ibu Illiza.

Anggota Komisi X DPR-RI ibu Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, S.E. memberikan sambutan

Kepala LPMP Provinsi Aceh Dr. Muslihuddin, M.Pd juga berkesempatan memberikan sambutan pada pembukaan kegiatan. Beliau mengucapkan selamat datang di LPMP Provinsi Aceh dan selamat mengikuti kegiatan kepada para tamu undangan dan peserta yang hadir pada kegiatan ini. LPMP Provinsi Aceh sebagai UPT pusat akan terus proaktif dan mendukung penuh kebijakan kurikulum dari pusat. Semoga kegiatan ini bisa terus meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Aceh.

Kepala LPMP Provinsi Aceh Dr. Muslihuddin, M.Pd memberikan sambutan

Kemudian turut berkesempatan hadir dan juga memberikan sambutan yaitu Kadisdikbud Aceh Besar bapak Dr. Silahuddin, M.Ag., Kadisdikbud Banda Aceh bapak Sulaiman Bakri, S.Pd., M.Pd., dan Kabid SMA dan PKLK Dinas Pendidikan Aceh bapak Hamdani yang mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

Adapun peserta pada kegiatan ini yaitu terdiri dari unsur BSKAP, Disdikbud Aceh Besar, PGRI, MPA, MPD Aceh Besar, Dinas Pendidikan Aceh, LPMP Provinsi Aceh, Universitas Syiah Kuala dan BAN S/M Provinsi Aceh. Setelah pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan materi tentang kebijakan umum kurikulum, kurikulum prototipe dan implementasinya, dan diskusi kelompok terpumpun kebijakan kurikulum. Kegiatan pun diakhiri dengan penyampaian hasil diskusi kelompok terpumpun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sosialisasi dan Coaching Clinik Pelatihan Berjenjang Bagi Kepala Sekolah pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI)

Aceh Besar, 13 Mei 2024 – Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah melalui UPT Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah menggelar kegiatan “Sosialisasi dan Coaching Clinik Pelatihan Berjenjang Bagi Kepala Sekolah pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI)”. Acara yang dijadwalkan telah berlangsung pada Rabu, 08 Mei 2024 dan […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Menggelar Kegiatan Rakor Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024

BPMP Provinsi Aceh telah melaksanakan Rakor Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024 pada tanggal 6 s.d 8 Mei 2024 dengan bertempat di The Pade Hotel Aceh Besar. Kegiatan dibuka oleh kepala BPMP Provinsi Aceh, Muhammad Anis secara daring. Dalam pembukaan, Muhammad Anis menyampaikan bahwa Gerakan Sekolah Sehat merupakan salah satu Program Prioritas Kemendikbudristek dalam upaya meningkatkan […]

Read More

Gap Analisis Terkait Pemanfaatan Rapor Pendidikan dan PBD Satuan Pendidikan

Transformasi satuan Pendidikan merupakan strategi utama dalam implementasi Merdeka Belajar. Melalui salah satu episodenya yaitu Asesmen Nasional yang menghasilkan Rapor Pendidikan, Satuan Pendidikan diharapkan melakukan Perencanaan Berbasis Data (PBD) sehingga terjadi peningkatan kualitas layanan pendidikan terutama kualitas pembelajaran. Untuk mengawal pemanfaatan Rapor Pendidikan dan Perencaan Berbasis Data, BPMP Provinsi Aceh melaksanakan kegiatan Gap Analisis Terkait […]

Read More