Menjadi Koordinator Lapangan, LPMP Provinsi Aceh Kawal Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 3

Aceh Besar (9/3/2022) – Tidak terasa, program Kampus Mengajar sebagai bagian dari implementasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka telah memasuki Angkatan ke-3. Kampus Mengajar merupakan program yang membekali Mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan dan keahlian dengan menjadi partner guru dan sekolah dalam menumbuhkan kreativitas dan inovasi dalam pembelajaran sehingga berdampak pada penguatan pembelajaran literasi dan numerasi di sekolah.

Sebanyak 16.800 Mahasiswa se-Indonesia siap belajar sambil memberi dampak untuk sekolah. Program ini dijalankan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi dan melibatkan berbagai pihak seperti Koordinator Perguruan Tinggi, Dosen Pembimbing Lapangan, Dinas Pendidikan dan LPMP yang menjadi Koordinator Lapangan.

Berbeda dengan dua Angkatan sebelumnya, pada Kampus Mengajar Angkatan 3 ini terdapat hal baru, yaitu terdapat Mahasiswa berpindah yang merupakan Mahasiswa yang bertugas di sekolah sasaran yang lokasinya berada di luar wilayah domisilinya.

Disinilah peran LPMP sebagai Koordinator Lapangan yaitu bertugas untuk menemukan tempat tinggal yang layak bagi Mahasiswa yang berpindah, menghubungkan Mahasiswa yang berpindah dengan calon keluarga pemilik tempat tinggal dan melaporkan kegiatan selama turun di lapangan ke tim Kampus Mengajar.

Tim Kampus Mengajar pusat di Jakarta telah menunjuk sebanyak 10 orang pegawai LPMP Provinsi Aceh untuk menjadi Koordinator Lapangan dan mengawal adik-adik Mahasiswa dari seluruh Indonesia yang terpilih mengikuti program Kampus Mengajar Angkatan 3 dan mendapatkan penugasan di sekolah sasaran di Provinsi Aceh.

Untuk Provinsi Aceh sendiri terdapat 94 sekolah yang menjadi lokasi sasaran bagi Mahasiswa berpindah tersebar di 12 kabupaten/kota yaitu Simeulue, Aceh Besar, Aceh Selatan, Aceh Singkil, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Aceh Tengah dan Aceh Tenggara.

Pada tanggal 8 s.d. 10 Maret 2022 LPMP Provinsi Aceh telah menerjunkan kesepuluh Korlap Kampus Mengajar Angkatan 3 untuk turun ke lapangan dan memantau langsung kondisi di lapangan.

Tim Korlap LPMP Provinsi Aceh pun sebelumnya telah menjalin koordinasi dengan Dinas Pendidikan, Koordinator Perguruan Tinggi, Kepala Sekolah sasaran dan Dosen Pembimbing Lapangan.

Tim Korlap LPMP Provinsi Aceh berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kepala Sekolah sasaran untuk mencarikan tempat tinggal bagi para Mahasiswa berpindah.

Tim Korlap juga turut menghadiri kegiatan pelepasan Mahasiswa oleh Dinas Pendidikan baik secara daring maupun luring.

Kehadiran Program Kampus Mengajar Perintis dan Kampus Mengajar Angkatan 1 & 2 telah dirasakan manfaatnya di berbagai SD dan SMP di seluruh wilayah Indonesia, oleh karenanya Kemendikbudristek Kembali meluncurkan Kampus Mengajar Angkatan 3 di tahun 2022 ini.

Program ini ditujukan untuk membantu peningkatan kualitas pembelajaran di pendidikan dasar. Mahasiswa akan ditempatkan di SD dan SMP di seluruh Indonesia dalam membantu proses belajar mengajar di sekolah tersebut.

Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022 akan berfokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi pada pendidikan dasar.

Setiap orang menjadi guru, setiap rumah menjadi sekolah – Ki Hajar Dewantar. (SY).

Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar 3 Kab. Aceh Besar oleh Kadisdik Aceh Besar dan Pimpinan LPMP Provinsi Aceh
Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar 3 Kab. Aceh Tenggara secara daring
Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar 3 Kab. Aceh Tenggara secara daring
Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar 3 Kab. Bireuen oleh Disdik Bireuen
Mengantarkan Mahasiswa KM 3 ke sekolah sasaran di Kab. Bireuen
Korlap menghubungkan Mahasiswa yang berpindah dengan calon keluarga pemilik tempat tinggal
Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar 3 Kab. Aceh Utara oleh Disdik Aceh Utara
Mahasiswa KM 3 di sekolah sasaran di Kab. Aceh Utara
Pelepasan Mahasiswa KM 3 Kab. Aceh Tamiang oleh Disdik Aceh Tamiang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sosialisasi dan Coaching Clinik Pelatihan Berjenjang Bagi Kepala Sekolah pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI)

Aceh Besar, 13 Mei 2024 – Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah melalui UPT Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah menggelar kegiatan “Sosialisasi dan Coaching Clinik Pelatihan Berjenjang Bagi Kepala Sekolah pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI)”. Acara yang dijadwalkan telah berlangsung pada Rabu, 08 Mei 2024 dan […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Menggelar Kegiatan Rakor Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024

BPMP Provinsi Aceh telah melaksanakan Rakor Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024 pada tanggal 6 s.d 8 Mei 2024 dengan bertempat di The Pade Hotel Aceh Besar. Kegiatan dibuka oleh kepala BPMP Provinsi Aceh, Muhammad Anis secara daring. Dalam pembukaan, Muhammad Anis menyampaikan bahwa Gerakan Sekolah Sehat merupakan salah satu Program Prioritas Kemendikbudristek dalam upaya meningkatkan […]

Read More

Gap Analisis Terkait Pemanfaatan Rapor Pendidikan dan PBD Satuan Pendidikan

Transformasi satuan Pendidikan merupakan strategi utama dalam implementasi Merdeka Belajar. Melalui salah satu episodenya yaitu Asesmen Nasional yang menghasilkan Rapor Pendidikan, Satuan Pendidikan diharapkan melakukan Perencanaan Berbasis Data (PBD) sehingga terjadi peningkatan kualitas layanan pendidikan terutama kualitas pembelajaran. Untuk mengawal pemanfaatan Rapor Pendidikan dan Perencaan Berbasis Data, BPMP Provinsi Aceh melaksanakan kegiatan Gap Analisis Terkait […]

Read More