BPMP Aceh Lakukan Pemantauan Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021 Jenjang SMA di Provinsi Aceh

Asesmen Nasional yang selanjutnya disingkat AN adalah evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan instrumen asesmen kompetensi minimum, survei karakter, dan survei lingkungan belajar. AN diikuti oleh Satuan Pendidikan, Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK), Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) serta Program Pendidikan Kesetaraan di luar negeri yang terdaftar dalam Dapodik atau EMIS dan memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) yang valid.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya kesenjangan antarkelompok sosial ekonomi dalam satuan Pendidikan).

Sebagai perpanjangan tangan Kemendikbudristek di Provinsi Aceh dan untuk memastikan pelaksanaan Asesmen Nasional sesuai dengan POS AN maka Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh menerjunkan petugas ke 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh untuk memantau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) Jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) yang dijadwalkan tanggal 29 s.d. 30 Agustus 2022 disatuan Pendidikan Pelaksana ANBK.

Adapun tujuan dilaksanakannya pemantauan Asesmen Nasional ini adalah untuk memastikan pelaksanaan ANBK Tahun 2021 di Provinsi Aceh sesuai dengan POS AN di satuan pendidikan di seluruh kabupaten/kota, kemudian dilakukan pemantauan untuk menjaring informasi mengenai pelaksanaan ANBK Tahun 2022 serta mengidentifikasi kendala, permasalahan di satuan pendidikan di 23 kabupaten/kota.

Kegiatan pemantauan ini akan dilakukan petugas BPMP Provinsi Aceh selama 2 (dua) hari yaitu tanggal 29 s.d. 30 Agustus 2022. Pemantauan dilakukan melalui metode observasi dan penyebaran instrumen yang mengacu pada Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2022 Nomor 013/H/PG.00/2022 tanggal 24 Maret 2022 yang diterbitkan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dengan sasaran pemantauan adalah Pelaksana ANBK tingkat kabupaten/kota yaitu Cabang Dinas Pendidikan Aceh dan pelaksana ANBK tingkat Satuan Pendidikan jenjang SMA. Petugas BPMP Provinsi Aceh juga mengobservasi dan memastikan kelancaran pelaksanaan ANBK. Hasil pemantauan yang dilakukan petugas BPMP Provinsi Aceh nantinya akan disampaikan kepada pelaksana tingkat Pusat.

Instrumen Asesmen Nasional sendiri terdiri atas AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) yang mengukur hasil belajar kognitif peserta didik dalam Literasi,  Membaca dan Numerasi; Survei Karakter yang mengukur hasil belajar nonkognitif peserta didik; dan Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas lingkungan belajar  pada satuan pendidikan. Informasi dari ketiganya diharapkan dapat mendorong perbaikan mutu pembelajaran.  (SY).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sosialisasi dan Coaching Clinik Pelatihan Berjenjang Bagi Kepala Sekolah pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI)

Aceh Besar, 13 Mei 2024 – Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah melalui UPT Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Aceh telah menggelar kegiatan “Sosialisasi dan Coaching Clinik Pelatihan Berjenjang Bagi Kepala Sekolah pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI)”. Acara yang dijadwalkan telah berlangsung pada Rabu, 08 Mei 2024 dan […]

Read More

BPMP Provinsi Aceh Menggelar Kegiatan Rakor Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024

BPMP Provinsi Aceh telah melaksanakan Rakor Gerakan Sekolah Sehat Tahun 2024 pada tanggal 6 s.d 8 Mei 2024 dengan bertempat di The Pade Hotel Aceh Besar. Kegiatan dibuka oleh kepala BPMP Provinsi Aceh, Muhammad Anis secara daring. Dalam pembukaan, Muhammad Anis menyampaikan bahwa Gerakan Sekolah Sehat merupakan salah satu Program Prioritas Kemendikbudristek dalam upaya meningkatkan […]

Read More

Gap Analisis Terkait Pemanfaatan Rapor Pendidikan dan PBD Satuan Pendidikan

Transformasi satuan Pendidikan merupakan strategi utama dalam implementasi Merdeka Belajar. Melalui salah satu episodenya yaitu Asesmen Nasional yang menghasilkan Rapor Pendidikan, Satuan Pendidikan diharapkan melakukan Perencanaan Berbasis Data (PBD) sehingga terjadi peningkatan kualitas layanan pendidikan terutama kualitas pembelajaran. Untuk mengawal pemanfaatan Rapor Pendidikan dan Perencaan Berbasis Data, BPMP Provinsi Aceh melaksanakan kegiatan Gap Analisis Terkait […]

Read More