IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

Oleh: Husaini, M.Pd. (Widyaprada Ahli Madya BPMP Prov. Aceh)

ABSTRAK

Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan kepada peserta didik dengan jumlah energi dan usaha yang dikeluarkan dapat dihitung berdasarkan Denyut Nadi Maksimal (DMM=220-Umur) yaitu latihan olahraga yang baik adalah 60-85% dari DMM (Denyut Nadi Maksimal) dengan durasi waktu latihan umumnya dilakukan 15-60 menit yang didahului oleh aktivitas pemanasan dengan durasi waktu 5-10 menit dan diakhiri dengan pendinginan selama 5-10 menit dengan tujuan untuk mengurangi resiko cedera pada otot serta meningkatkan komponen kebugaran yang berhubungan dengan kesehatan.

Penulis: Husaini, M.Pd. (email: husainikrmane@gmail.com)

3 thoughts on “IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

  1. Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran PJOK dengan memperhatikan prinsip-prinsip FITT memberikan landasan yang baik untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang holistik dan efektif dalam bidang pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.

Tinggalkan Balasan ke Imam Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI SUMPAH PEMUDA PELAJARAN PKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING PADA SDN 10 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020 MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI SUMPAH PEMUDA PELAJARAN PKN MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING PADA SDN 10 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA Oleh: Tarmizi ABSTRAK Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah melalui Model Pembelajaran Reciprocal Learning Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI […]

Read More