JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA MATERI INDONESIA MERDEKA MELALUI MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS XI-MIA.1 SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Oleh: Ainul Mardhiah
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran model inkuiri pada materi Indonesia merdeka yang dapat meningkatkan hasil belajar siswakelas XI-MIA.1 SMANegeri 1 Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.Dari data hasil tes awal, siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 hanya 18 siswa yang tuntas dari 32 jumlah seluruh siswa, atau jika dipersentasekan sebesar 56,25%. Prosedur kerja dalam penelitian tindakan kelas ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tahapan tersebut disusun dalam 2 siklus, dimana siklus I dilakukan dalam 2 kali pertemuan, dan siklus II dalam 1 kali pertemuan. Data yang dibutuhkan adalah data nilai tes, data pengamatan dan data berbagai peristiwa saat kejadian berlangsung. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa meningkat hasil belajarnya pada materi Indonesia merdeka melalui pembelajaranmenggunakan model inkuiri, dari hasil tes akhir siklus I terlihat bahwa secara individu terdapat 26 siswa yang telah mendapatkan skor ≥ 75 atau secara klasikal sebanyak 81,25%, dan pada siklus II seluruh siswa yakni 32 orang telah berhasil memahami materiIndonesia merdeka, dan jika dipersentasekan sebesar 100%, hal ini mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 18,75%.
Kata Kunci: hasil belajar, Indonesia merdeka, model inkuiri.