UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA MATERI INDONESIA MERDEKA MELALUI MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS XI-MIA.1 SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH INDONESIA MATERI INDONESIA MERDEKA MELALUI MODEL INKUIRI PADA SISWA KELAS XI-MIA.1 SMA NEGERI 1 IDI RAYEUK TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Oleh: Ainul Mardhiah

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran model inkuiri pada materi Indonesia merdeka yang dapat meningkatkan hasil belajar siswakelas XI-MIA.1 SMANegeri 1 Idi Rayeuk Kabupaten Aceh Timur yang berjumlah 32 orang, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan.Dari data hasil tes awal, siswa yang mendapatkan nilai ≥ 75 hanya 18 siswa yang tuntas dari 32 jumlah seluruh siswa, atau jika dipersentasekan sebesar 56,25%. Prosedur kerja dalam penelitian tindakan kelas ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Tahapan tersebut disusun dalam 2 siklus, dimana siklus I dilakukan dalam 2 kali pertemuan, dan siklus II dalam 1 kali pertemuan. Data yang dibutuhkan adalah data nilai tes, data pengamatan dan data berbagai peristiwa saat kejadian berlangsung. Instrumen yang digunakan berupa soal tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa meningkat hasil belajarnya pada materi Indonesia merdeka melalui pembelajaranmenggunakan model inkuiri, dari hasil tes akhir siklus I terlihat bahwa secara individu terdapat 26 siswa yang telah mendapatkan skor ≥ 75 atau secara klasikal sebanyak 81,25%, dan pada siklus II seluruh siswa yakni 32 orang telah berhasil memahami materiIndonesia merdeka, dan jika dipersentasekan sebesar 100%, hal ini mengalami peningkatan yang signifikan sebesar 18,75%.
Kata Kunci:
hasil belajar, Indonesia merdeka, model inkuiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More