PELAKSANAAN SUPERVISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 3 SIMPANG KANAN KABUPATEN ACEH SINGKIL

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

PELAKSANAAN SUPERVISI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 3 SIMPANG KANAN KABUPATEN ACEH SINGKIL

Oleh: Arifin

ABSTRAK
Tujuan dari Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah meningkatkan kemampuan kinerja dan kedisiplinan guru dalam menusun perangkat pembelajaran di SMP Negeri 3 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh Tahun 2019. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan, Agustus sampai dengan Oktober 2019 pada semester ganjil. Subjek penelitian guru-guru SMP Negeri 3 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh, jumlah 18 orang. Rumusan masalah: Apakah dengan pelaksanaan Supervisi diupayakan dapat meningkatkan kemampuan Guru dalam menyusun perangkat pembelajaran di SMP Negeri 3 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh Tahun 2019? Teknik pengumpulan data dengan melaksanakan kegiatan kerja sama tenaga pendidik melalui supervisi, melaksanakan penilaian terhadap persiapan guru dalam pembelajaran, dan melakukan penilaian terhadap tanggung jawab guru. Validasi data dilakukan dengan membandingkan skor rata-rata dengan hasil penilaian terhadap kerja sama tenaga pendidik dalam menyusun perangkat pembelajaran dan melakukan kunjungan kelas. Analisa data dilakukan dengan teknik observasi dan praktek langsung. Indikator kinerja yaitu alat ukur untuk mendapatkan data yang dapat diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan kinerja guru dalam menyusun perangkat pembelajaran, Hal ini terlihat pada siklus I pertemuan 1 dan 2 masing-masing prosentae kesiapan guru sebesar 44% dan 61% (kategori kurang dan cukup), selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 dan 2 masing-masing prosentase kesipan guru menjadi sebesar 77% dan 94% ( kategori baik dan sangat baik). Jadi data tersebut terlihat jelas yang dialami oleh guru SMP Negeri 3 Simpang Kanan Kabupaten Aceh Singkil Provinsi Aceh.
Kata kunci: Supervisi, kemampuan guru, perangkat pembelajaran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More