MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-1 BAHASA INGGRIS MATERI SIMPLE PRESENT COUNTINUOS SMP NEGERI 1 KEUMALA KABUPATEN PIDIE

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

MELALUI PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII-1 BAHASA INGGRIS MATERI SIMPLE PRESENT COUNTINUOS SMP NEGERI 1 KEUMALA KABUPATEN PIDIE

Oleh: Adnan

ABSTRAK
Masalah penelitian ini adalah; 1) Apakah melalui Penggunaan metode pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan Hasil belajar Bahasa Inggris materi Simple Present Continous Siswa di Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Keumala? dan 2) Apakah melalui Penggunaan Model Think Pair Share dapat meningkatkan motivasi dan aktifitas siswa? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) uang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Keumala Kabupaten Pidie semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019. Data dipeoleh melalui hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar siswa, dan aktivitas guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil evaluasi yang telah dilakukan pada setiap siklus, ternyata terjadi peningkatan yang cukup baik. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 63,57 dengan tingkat aktivitas siswa 68,33% dan aktivitas guru mencapai 65%. Sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 78,13 dengan tingkat aktivitas siswa 85 % dan aktivitas guru 91,66 %.. Simpulan dari penelitian ini adalah Penggunaan Model Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Keumala pada mata pelajaran bahasa Inggris materi simple present countinuos.
Kata Kunci: Model Think Pair Share, hasil belajar, Bahasa Inggris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More