UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 LHOKSEUMAWE

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 LHOKSEUMAWE

Oleh: Asyiatir Radiah

ABSTRAK
Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengertahuan Sosial dengan diterapkannya strategi pembelajaran ekspositori pada siswa IX SMP Negeri 3 Lhokseumawe, dan 2) Bagaimanakah pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap motivasi belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IX SMP Negeri 3 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan penbelitian tindakan (action researh) sebanyak tiga siklus. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IX-1 SMP Negeri 3 Lhokseumawe semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Data dipeoleh melalui hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu siklus I (69,09%), dan siklus II (81,82%) serta siklus III (90,90%) Simpulan dari penelitian ini adalah; 1) Strategi pembelajaran ekspositori dapat menjadikan siswa merasa dirinya mendapat perhatian dan kesempatan untuk menyampaikan pendapat, gagasan, ide dan pertanyaan, 2) Siswa dapat bekerja secara mandiri maupun kelompok serta mampu mempertanggung jawabkan segala tugas individu, dan 3) Penerapan strategi pembelajaran ekspositori mempunyai pengaruh positif yaitu dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.
Kata Kunci: Strategi pembelajaran ekspositori, prestasi belajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More