MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERFORMING A MONOLOGUE MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI SMA 12 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERFORMING A MONOLOGUE MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI SMA 12 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH

Oleh: Azhariyah

ABSTRAK

Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu, setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau model tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Apakah melalui penerapan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi performing a monologue di kelas XI SMA 12 Takengon Aceh Tengah? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: Meningkatan hasil belajar siswa pada materi performing a monologue dengan penerapan model pembelajaran role playing. Pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan tes pada akhir pembelajaran. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap kegiatan pembelajaran. Dapat dilihat dari hasil evaluasi kognitif siswa yang menunjukkan peningkatan dari 21.62% pada kondisi awal (pre test), menjadi 43.24% pada siklus I, dan meningkat menjadi 81,08% pada tes akhir (pos test).

Kata Kunci: Model role playing, hasil belajar, performing a monologue

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More