JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI PERFORMING A MONOLOGUE MELALUI PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING PADA SISWA KELAS XI SMA 12 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH
Oleh: Azhariyah
ABSTRAK
Keberhasilan proses belajar mengajar di dalam kelas sangat ditentukan oleh strategi pembelajaran, bagaimanapun lengkap dan jelasnya komponen lain, tanpa diimplementasikan melalui strategi yang tepat, maka komponen-komponen tersebut tidak akan memiliki makna dalam proses pencapaian tujuan. Oleh karena itu, setiap akan mengajar guru diharuskan untuk menerapkan strategi atau model tertentu dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: Apakah melalui penerapan model role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi performing a monologue di kelas XI SMA 12 Takengon Aceh Tengah? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: Meningkatan hasil belajar siswa pada materi performing a monologue dengan penerapan model pembelajaran role playing. Pengumpulan data dilakukan dengan melaksanakan tes pada akhir pembelajaran. Hasil Penelitian Tindakan Kelas ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap kegiatan pembelajaran. Dapat dilihat dari hasil evaluasi kognitif siswa yang menunjukkan peningkatan dari 21.62% pada kondisi awal (pre test), menjadi 43.24% pada siklus I, dan meningkat menjadi 81,08% pada tes akhir (pos test).
Kata Kunci: Model role playing, hasil belajar, performing a monologue