PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS V GUGUS I DALAM MENYUSUN RPP SENI BUDAYA MELALUI KEGIATAN KKG KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH

PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS V GUGUS I DALAM MENYUSUN RPP SENI BUDAYA MELALUI KEGIATAN KKG KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

Oleh: Selamaddin

ABSTRAK

Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: 1) Apakah profesionalitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat ditingkatkan melalui diskusi Kelompok Kerja Guru di SD Negeri 8 Lut Tawar? Dan 2) Apakah kelemahan dan kelebihan pelaksanaan diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap peningkatan profesionalitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 8 Lut Tawar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan dalam dua siklus Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi pedagogik Guru Kelas V Gugus 1 dalam menyusun RPP melalui workshop pada kegiatan KKG Kelas V Kabupaten Aceh Tengah. Aktivitas guru dalam mengikuti workshop penyusunan RPP yang lengkap dan sistematis pada siklus II lebih baik daripada pada saat siklus I. Aktivitas Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama Kegiatan KKG pada siklus I mencapai nilai 30 atau berkategori baik. Pada siklus II mencapai nilai 36 atau berkategori sangat baik. Disarankan kepada.guru-guru di SD Negeri 8 Lut Tawar di dalam menyusun skenario pembelajaran agar pemanfaatan semaksimal mungkin lingkungan sekolah dan lingkungan siswa dan mengintensifkan diskusi KKG dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Kepada pihak sekolah agar selalu memberikan motivasi bagi guru-guru yang untuk menyempurnakan metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan di sekolah.

Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, menyusun RPP, KKG, seni budaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More