PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU KELAS V GUGUS I DALAM MENYUSUN RPP SENI BUDAYA MELALUI KEGIATAN KKG KECAMATAN PEGASING KABUPATEN ACEH TENGAH
JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020
Oleh: Selamaddin
ABSTRAK
Rumusan masalah penelitian ini sebagai berikut: 1) Apakah profesionalitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat ditingkatkan melalui diskusi Kelompok Kerja Guru di SD Negeri 8 Lut Tawar? Dan 2) Apakah kelemahan dan kelebihan pelaksanaan diskusi Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap peningkatan profesionalitas guru dalam pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar di SD Negeri 8 Lut Tawar? Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sekolah (PTS) yang dilakukan dalam dua siklus Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi pedagogik Guru Kelas V Gugus 1 dalam menyusun RPP melalui workshop pada kegiatan KKG Kelas V Kabupaten Aceh Tengah. Aktivitas guru dalam mengikuti workshop penyusunan RPP yang lengkap dan sistematis pada siklus II lebih baik daripada pada saat siklus I. Aktivitas Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) selama Kegiatan KKG pada siklus I mencapai nilai 30 atau berkategori baik. Pada siklus II mencapai nilai 36 atau berkategori sangat baik. Disarankan kepada.guru-guru di SD Negeri 8 Lut Tawar di dalam menyusun skenario pembelajaran agar pemanfaatan semaksimal mungkin lingkungan sekolah dan lingkungan siswa dan mengintensifkan diskusi KKG dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Kepada pihak sekolah agar selalu memberikan motivasi bagi guru-guru yang untuk menyempurnakan metode dan strategi pembelajaran yang diterapkan di sekolah.
Kata Kunci: Kompetensi pedagogik, menyusun RPP, KKG, seni budaya