MENINGKATKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

MENINGKATKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK

Oleh: Afriyani, S.Pd

ABSTRAK

Kurangnya pemahaman guru tentang teknik dan cara melaksanakan pendekatan ilmiah (Saintifik) dalam pembelajaran, khususnya guru-guru SD di SD Binaan Pengawas. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran Pendekatan Ilmiah (Saintifik) dengan metode Investigasi Kelompok pada Guru SD Di Sekolah Binaan penulis Pidie Jaya Aceh Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), dengan alur penelitian dalam Depdiknas 2004, siklus penelitian mulai dari perencanaan (planning), pelaksanaan (organizing), pengamatan (observing) dan refleksi (reflekting) serta tindaklanjut.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan aktivitas, kinerja pembimbingan, keterlaksanaa penerapan Pendekatan Ilmiah (Saintifik) dalam pembelajaran, bermitra mitra dengan teman sejawat.Hasil Siklus I Kinerja Pembimbingan mencapai skor 44 (65%) kategori Baik, Keterlaksanaan 19 (63%), Aktivitas 18 (60%) Aktif. Siklus II Kinerja Pembimbingan mencapai skor 52 (76%) kategori Baik, Keterlaksanaan 21 (70%), Aktivitas 23 (73%) Aktif. Siklus III Kinerja Pembimbingan mencapai skor 66 (97%) kategori Sangat Baik, Keterlaksanaan 26 atau (87%), Aktivitas 28 (93%) Aktif. Kesimpulan: Penerapan Metode Investigasi Kelompok Dapat Meningkatkan pelaksanaan pembelajaran menerapkan Pendekatan Ilmiah (Saintifik) pada Guru SD Sekolah Binaan penulis Pidie Jaya Aceh Tahun Pelajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Kompetensi Guru, pendekatan ilmiah (saintifik), investigasi kelompok

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More