JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020
MENINGKATKAN PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK
Oleh: Afriyani, S.Pd
ABSTRAK
Kurangnya pemahaman guru tentang teknik dan cara melaksanakan pendekatan ilmiah (Saintifik) dalam pembelajaran, khususnya guru-guru SD di SD Binaan Pengawas. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pelaksanaan pembelajaran Pendekatan Ilmiah (Saintifik) dengan metode Investigasi Kelompok pada Guru SD Di Sekolah Binaan penulis Pidie Jaya Aceh Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS), dengan alur penelitian dalam Depdiknas 2004, siklus penelitian mulai dari perencanaan (planning), pelaksanaan (organizing), pengamatan (observing) dan refleksi (reflekting) serta tindaklanjut.Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan aktivitas, kinerja pembimbingan, keterlaksanaa penerapan Pendekatan Ilmiah (Saintifik) dalam pembelajaran, bermitra mitra dengan teman sejawat.Hasil Siklus I Kinerja Pembimbingan mencapai skor 44 (65%) kategori Baik, Keterlaksanaan 19 (63%), Aktivitas 18 (60%) Aktif. Siklus II Kinerja Pembimbingan mencapai skor 52 (76%) kategori Baik, Keterlaksanaan 21 (70%), Aktivitas 23 (73%) Aktif. Siklus III Kinerja Pembimbingan mencapai skor 66 (97%) kategori Sangat Baik, Keterlaksanaan 26 atau (87%), Aktivitas 28 (93%) Aktif. Kesimpulan: Penerapan Metode Investigasi Kelompok Dapat Meningkatkan pelaksanaan pembelajaran menerapkan Pendekatan Ilmiah (Saintifik) pada Guru SD Sekolah Binaan penulis Pidie Jaya Aceh Tahun Pelajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Kompetensi Guru, pendekatan ilmiah (saintifik), investigasi kelompok