JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XL TL 1 DALAM MENGUASAI MATERI PRINSIP-PRINSIP LAS LISTRIK DENGAN MENGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DI SMK NEGERI 2 LANGSA
Oleh: Firdaus Arif
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhardap mata pelajaran prinsip las listrik dengan metode tanya jawab di kelas XI TL I di SMK Negeri 2 Langsa. Penelitian ini diharapakan memberikan kontribusi terhadap peningkatan belajarnya. Di samping itu melalui penelitian ini siswa terlatih uji untuk dapat memecahkan masalah. Bagi guru penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan profesional dan pembelajaran dengan metode Tanya jawab menjadi alternatif pembelajaran prinsip las Listrik untuk meningkatkan prestasi siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengkaji lebih mendalam penggunaan metode tanya jawab. Berdasarkan analisis dan refleksi hasil tes siklus I, II dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran prinsip las listrik di SMK Negeri 2 Langsa pada siklus I dengan menggunakan metode tanya jawab mencapai nilai 26,67% termasuk kualifikasi rendah. Hasil siklus II dengan menggunakan metode tanya jawab mencapai nilai 73,33% berkualifikasi sedang.. Akhirnya berarti bahwa setelah siklus II semua subjek mengalami peningkatan prestasi belajar prinsip las listrik dengan menggunakan metode tanya jawab.
Kata Kunci: Prinsip las litrik, Metode Tanya Jawab