MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XL TL 1 DALAM MENGUASAI MATERI PRINSIP-PRINSIP LAS LISTRIK DENGAN MENGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DI SMK NEGERI 2 LANGSA

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 1 TAHUN 2020

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS XL TL 1 DALAM MENGUASAI MATERI PRINSIP-PRINSIP LAS LISTRIK DENGAN MENGUNAKAN METODE TANYA JAWAB DI SMK NEGERI 2 LANGSA

Oleh: Firdaus Arif

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa terhardap mata pelajaran prinsip las listrik dengan metode tanya jawab di kelas XI TL I di SMK Negeri 2 Langsa. Penelitian ini diharapakan memberikan kontribusi terhadap peningkatan belajarnya. Di samping itu melalui penelitian ini siswa terlatih uji untuk dapat memecahkan masalah. Bagi guru penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan profesional dan pembelajaran dengan metode Tanya jawab menjadi alternatif pembelajaran prinsip las Listrik untuk meningkatkan prestasi siswa. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena penelitian ini mengkaji lebih mendalam penggunaan metode tanya jawab. Berdasarkan analisis dan refleksi hasil tes siklus I, II dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa pada mata pelajaran prinsip las listrik di SMK Negeri 2 Langsa pada siklus I dengan menggunakan metode tanya jawab mencapai nilai 26,67% termasuk kualifikasi rendah. Hasil siklus II dengan menggunakan metode tanya jawab mencapai nilai 73,33% berkualifikasi sedang.. Akhirnya berarti bahwa setelah siklus II semua subjek mengalami peningkatan prestasi belajar prinsip las listrik dengan menggunakan metode tanya jawab.

Kata Kunci: Prinsip las litrik, Metode Tanya Jawab

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More