PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEMAMPUAN SISWA MERINGKASKAN TEKS YANG DIBACA DAN DIDENGAR DI KELAS XI-1/MIPA SMA NEGERI 1 SINGKOHOR KABUPATEN ACEH SINGKIL

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020

Oleh: Herlina Kartika Yanti

ABSTRAK

Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah melalui pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan siswa meringkaskan teks yang dibaca dan didengar di kelas XI-1/MIPA SMA Negeri 1 Singkohor Kabupaten Aceh Singkil? Tujuan penelitian : Untuk mengetahui hasil belajar kemampuan siswa Meringkaskan Teks Yang Dibaca dan Didengar melalui pembelajaran kooperatif model STAD di kelas XI-1/MIPA SMA Negeri 1 Singkohor Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, mulai dari bulan Agustus sampai bulan Oktoer 2019. Sumber data berasal dari siswa kelas XI-1/MIPA SMA Negeri 1 Singkohor Kabupaten Aceh Singkil yang telah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan kooperatif model STAD. Alat pengumpulan data dalam bentuk tulisan. Validasi data yang di peroleh dianalisis dengan membandingkan skor rata-rata dengan hasil penilaian pembelajaran kelas. Analisis data statistik deskriptis persentase. Prosedur penilaian terdiri dari dua siklus. Hasil penelitain menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68%, selanjutnya pada siklus II meningkat sebesar 95%. Jadi dari data tersebut telihat jelas peningkatan hasil belajar yang dialami oleh siswa kelas XI-1 /MIPA SMA Negeri 1 Singkohor.

Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Model STAD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More