JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020
Oleh: Herlina Kartika Yanti
ABSTRAK
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah melalui pembelajaran kooperatif model STAD dapat meningkatkan hasil belajar kemampuan siswa meringkaskan teks yang dibaca dan didengar di kelas XI-1/MIPA SMA Negeri 1 Singkohor Kabupaten Aceh Singkil? Tujuan penelitian : Untuk mengetahui hasil belajar kemampuan siswa Meringkaskan Teks Yang Dibaca dan Didengar melalui pembelajaran kooperatif model STAD di kelas XI-1/MIPA SMA Negeri 1 Singkohor Kabupaten Aceh Singkil. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan, mulai dari bulan Agustus sampai bulan Oktoer 2019. Sumber data berasal dari siswa kelas XI-1/MIPA SMA Negeri 1 Singkohor Kabupaten Aceh Singkil yang telah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan kooperatif model STAD. Alat pengumpulan data dalam bentuk tulisan. Validasi data yang di peroleh dianalisis dengan membandingkan skor rata-rata dengan hasil penilaian pembelajaran kelas. Analisis data statistik deskriptis persentase. Prosedur penilaian terdiri dari dua siklus. Hasil penelitain menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68%, selanjutnya pada siklus II meningkat sebesar 95%. Jadi dari data tersebut telihat jelas peningkatan hasil belajar yang dialami oleh siswa kelas XI-1 /MIPA SMA Negeri 1 Singkohor.
Kata kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Model STAD