JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) MELALUI WORKSHOP
Oleh: Nursaadah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penetapan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) melalui workshop, serta meningkatkan Kinerja guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) melalui workshop di SD Negeri Muka Sungai Kuruk. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan respon guru terhadap kegiatan yang dilakukan. Penelitian ini tergolong penelitian tindakan sekolah dengan melibatkan 16 orang guru. Penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan selama 3 bulan yaitu mulai Oktober s.d. Desember 2017. Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kesiapan fisik dan mental guru sebesar 37,5%, dimana pada siklus I sebesar 50% menjadi 87,5%, kesiapan bahan meningkat sebesar 37,5%, dimana pada siklus I sebesar 50% menjadi 87,5%, pada siklus II, kehadiran guru tetap 94,2%, yang tidak hadir 5,8% dan kesiapan laptop meningkat sebesar 37,5% dari siklus I sebesar 50% menjadi 87,5%, pada siklus II. Sedangkan kemampuan guru dalam menetapkan KKM meningkat dari pra siklus seTamiang 25% menjadi 87,5% pada siklus II. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa melalui workshop dapat meningkatkan Kinerja guru dalam menetapkan kriteria ketuntasan minimal di SD Negeri Muka Sungai Kuruk. Dengan demikian dapat disarankan kepada kepala sekolah yang lain bahwa kegiatan workshop dapat dipakai sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kinerja guru dalam menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Kata kunci: Peningkatan, Guru, Kriteria Ketuntasan Minimal