JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020
MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI PEMBIMBINGAN PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN SECARA BERKELANJUTAN DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH
Oleh: Bustami
ABSTRAK
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dengan analisis dekskriptif komparatif dan analisis deskriptif kulitatif berdasarkan hasil tindakan yang dilaksanakan pada setiap siklus, pelaksanaan dilakukan dalam dua Siklus, setiap siklus berlangsung dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari September sampai dengan November 2019. Yang menjadi subjek penelitian adalah guru SMP Negeri 1 Banda Aceh sebanyak 5 orang guru. Dari hasil penelitian dapat dimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Banda Aceh mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari tingkat kemampuan guru dalam menyusun modul pembelajaran semakin baik yaitu pada siklus I rata-rata nilai kemampuan guru 2 katagori cukup kemudian pada siklus II menjadi 3 dengan katagori baik. Aktivitas guru pun dalam mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada proses belajar mengajar juga meningkat, hal ini tergambarkan dari persentase aktivitas guru dalam menyusun modul meningkat yaitu pada siklus I aktivitas guru 50% (kurang) kemudian pada siklus II menjadi 75% (Baik)
Kata Kunci: Pembimbingan, penyusunan modul, TIK