MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI PEMBIMBINGAN PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN SECARA BERKELANJUTAN DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020

MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR MELALUI PEMBIMBINGAN PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN SECARA BERKELANJUTAN DI SMP NEGERI 1 BANDA ACEH

Oleh: Bustami

ABSTRAK

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) yang dilakukan dengan analisis dekskriptif komparatif dan analisis deskriptif kulitatif berdasarkan hasil tindakan yang dilaksanakan pada setiap siklus, pelaksanaan dilakukan dalam dua Siklus, setiap siklus berlangsung dalam 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari September sampai dengan November 2019. Yang menjadi subjek penelitian adalah guru SMP Negeri 1 Banda Aceh sebanyak 5 orang guru. Dari hasil penelitian dapat dimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada proses belajar mengajar di SMP Negeri 1 Banda Aceh mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari tingkat kemampuan guru dalam menyusun modul pembelajaran semakin baik yaitu pada siklus I rata-rata nilai kemampuan guru 2 katagori cukup kemudian pada siklus II menjadi 3 dengan katagori baik. Aktivitas guru pun dalam mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada proses belajar mengajar juga meningkat, hal ini tergambarkan dari persentase aktivitas guru dalam menyusun modul meningkat yaitu pada siklus I aktivitas guru 50% (kurang) kemudian pada siklus II menjadi 75% (Baik)

Kata Kunci: Pembimbingan, penyusunan modul, TIK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More