JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI-B PADA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DI SD NEGERI 5 SUBULUSSALAM
Oleh: Sariah
ABSTRAK
Lemahnya kemampuan siswa dalam memahami materi operasi hitung bilangan bulat menjadi latarbelakang dilakukan penelitian ini dengan tujuan hasil belajar siswa dapat meningkat, sehingga penulis bersama guru pengamatmemberi tindakan pembelajaran dengankooperatif tipe STAD. Penelitian tindakan kelas (PTK) terdiri atas dua siklus. Setiap siklus terdiri tiga kali pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian adalah siswa kelas VI-B SD Negeri 5 Subulussalam, tahun pelajaran 2019/2020 semester I(satu)yang berjumlah30 siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan kondisi awal dengan hasil-hasil yang dicapai pada siklus I dan Siklus II, dan analisis deskriptif kualitatif hasil observasidengan membandingkan hasil observasi dan refleksi pada siklus I dan siklus 2.Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu, pra siklus siswa yang tuntas belajar adalah (47%), siklus I(70%), siklus II (88%).Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa melalui kooperatif tipe STAD dalam proses pembelajaran pada pelajaran matematikamateri operasi hitung belangan bulatdapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan sangat efektif.
Kata Kunci: STAD, Hasil Belajar, Matematika