MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN TEMA KEDISIPLINAN DI KELAS II SD NEGERI 2 HALOBAN KECAMATAN PULAU BANYAK BARAT KABUPATEN ACEH SINGKIL

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 2 TAHUN 2020

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN TEMA KEDISIPLINAN DI KELAS II SD NEGERI 2 HALOBAN KECAMATAN PULAU BANYAK BARAT KABUPATEN ACEH SINGKIL

Oleh: Sumarhim

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan pembelajaran muatan PKn dengan tema kedisiplinan dengan menggunakan media gambar di kelas II SD. Rumusan masalah; Apakah melalui media gambar pada pembelajaran muatan PKn dengan tema kedisiplinan dapat meningktkan prestasi belajar siswa di kelas II SD Negeri 2 Haloban Kecamatan Pulau Banyak Barat Kabupaten Aceh Singkil. Tujuan penelitian untuk mengetahui prestasi belajar siswa pada pembelajaran muatan PKn dengan tema kedisiplinan dengan melalui media gambar di kelas II SD Negeri 2 Haloban Kecamatan Pulau Banyak Barat. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret tahun 2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas II berjumlah 22 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Analisis data terhadap hasil belajar anak dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, yaitu membandingkannya dengan patokan skor nilai rata-rata pada prestasi belajar anak dengan skor yang telah ditetapkan di sekolah sebesar ≥ 80. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dan 2 masing-masing menjadi sebesar 54% dan 68%, selanjutnya pada siklus II pertemuan 1 dan 2 masing-masing menjadi sebesar 81% dan 95%. Jadi dari data tersebut, telihat jelas peningkatan prestasi belajar yang dialami oleh siswa SD Negeri 2 Haloban Kecamatan Pulau Banyak Barat Kabupaten Aceh Singkil.

Kata kunci: Prestasi belajar, media gambar, mata pelajaran PKn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More