JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020
PENERAPAN METODE BUZZ GROUP PADA PEMBELAJARAN IPA DALAM MATERI CAHAYA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI KELAS V SEMESTER II SD NEGERI 9 LEMBAH SABIL
Oleh: Muhammad Yanas
ABSTRAK
Dari hasil tes awal pelajaran IPA semester genap tahun 2018 pada materi cahaya dan sifat[1]sifatnya, di kelas V Semester II SD Negeri 9 Lembah Sabil Kecamatan Lembah Sabil Kabupaten Aceh Barat Daya diperoleh data dari 15 siswa hanya 5 siswa (25,00%) yang mendapat nilai tuntas (65 keatas). Sedangkan 10 siswa (75,00%) mendapat nilai di bawah 65, atau belum mencapai ketuntasan (KKM). Oleh karena itu peneliti sebagai guru kelas ingin memperbaiki proses pembelajaran IPA dengan penggunaan metode Buzz Group pada pembelajaran IPATujuan dari penelitan ini adalah untuk meningkatkan kualitas tingkat pemahaman siswa pembelajaran IPA materi cahaya dan sifat-sifatnya di kelas V Semester II SD Negeri 9 Lembah Sabil dan untuk memperbaiki proses pembelajaran IPA. Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V Semester II SD Negeri 9 Lembah Sabil Tahun Pelajaran 2017-2018 yang berjumlah 15 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dari Januari s.d Mei 2018. Pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas siswa dan guru, dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan metode Buzz Group dapat meningkatkan pemahaman siswa pada pembelajaran IPA yaitu dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Nilai rata-rata siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 65,33 dan pertemuan 2 adalah 70,00 sedangkan pada siklus II pertemuan 1 adalah 80,00 dan pertemuan 2 adalah 89,33.
Kata Kunci: Pemahaman siswa, Buzz Group, Pembelajaran IPA, Materi Cahaya