JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020
KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGEMBANGAN MOTIVASI KERJA GURU DI SD NEGERI 7 MANGGENG KECAMATAN MANGGENG
Oleh: Syafruddin
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan motivasi kerja guru di SD Negeri 7 Manggeng, yang dilihat dari beberapa program pengembangan motivasi kerja guru di sekolah menggunakan metode kualitatif dalam bentuk analisis deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 7 Manggeng Kecamatan Manggeng Tahun Pelajaran 2018-2019. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dan observasi. Respondennya terdiri dari guru, tata usaha, siswa serta wali murid SD Negeri 7 Manggeng. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi resmi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah telah berupaya mengembangkan motivasi kerja dengan beberapa program kegiatan brefing. Setiap pagi untuk menciptakan kebersamaan diantara guru, memberikan saran dan anjuran serta sugesti untuk memelihara serta meningkatkan semangat. Guru bertanggung jawab dalam memenuhi dan menyediakan dukungan yang diperlukan guru, yaitu selalu menyediakan media pembelajaran yang diinginkan oleh para guru meskipun ada beberapa keinginan para guru yaitu ingin mendapat imbalan lebih dari apa yang telah dihasilkan oleh para guru bukan hanya ucapan terimakasih. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan motivasi kerja guru di SD Negeri 7 Manggeng cukup baik. Hal ini menunjukan bahwa kepemimpinan kepala sekolah memiliki peranan penting dalam pengembangan motivasi kerja guru di SD Negeri 7 Manggeng.
Kata kunci: Kepemimpinan kepala sekolah, Motivasi kerja guru.