IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KONSEP VEKTOR PADA SISWA KELAS X MIA-4 SMAN 1 DARUL AMAN TAHUN 2018/2019

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA KONSEP VEKTOR PADA SISWA KELAS X MIA-4 SMAN 1 DARUL AMAN TAHUN 2018/2019

Oleh: Zuraidah

ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas X MIA-4 SMAN 1 Darul Aman dalam mata pelajaran Fisika. Hal ini disebabkan karena kurangnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Selain itu, rendahnya hasil belajar siswa juga disebabkan karena dalam menyampaikan materi pembelajaran, guru masih menggunakan metode pembelajaran konvensional, seperti ceramah dan pemberian tugas. Untuk mengatasi hal tersebut, maka upaya yang dilakukan oleh peneliti untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA-4 SMAN 1 Darul Aman adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran Fisika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar fisika, melalui Model pembelajaran koperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Metode penelitian ini, menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpalan data melalui observasi dan tes. Pengumpulan data ini menggunakan instrumen berupa lembar pengamatan siswa dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika. Dari nilai rata-rata prasiklus atau kondisi awal 57, menjadi 68, pada siklus I, dan 82 pada siklus II. Dan ketuntasan klasikal 65 % pada siklus I menjadi 96 % pada siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar fisika pada konsep vektor pada siswa kelas X MIA-4 SMAN 1 Darul Aman.

Kata kunci: Model Numbered Heads Together (NHT), Hasil belajar meningkat, Fisika

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More