JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020
PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I/B MATERI KALIMAT SAPAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SD NEGERI 9 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA
Oleh: Chairiah
ABSTRAK
Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah melalui model pembelajaran Cooperative Script dapat meninggkatkan hasil belajar siswa kelas i/b materi kalimat sapaan pelajaran bahasa indonesia pada Sekolah Dasar Negeri 9 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas I/B Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Kalimat Sapaan melalui Model Pembelajaran Cooperative Script pada Sekolah Dasar Negeri 9 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan September s.d November 2019. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I/B Sekolah Dasar Negeri 9 Muara Batu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran melalui Model Pembelajaran Cooperative Script memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus, yaitu pra siklus (25%), siklus I (71,43%), siklus II (92,86%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui model pembelajaran Cooperative Script memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.
Kata kunci: Prestasi belajar, Model Pembelajaran Cooperative Script.