JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI SUMPAH PEMUDA PELAJARAN PKn MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL LEARNING PADA SD NEGERI 9 MUARA BATU KABUPATEN ACEH UTARA
Oleh: NUR IKHWANI
ABSTRAK
Pendidikan adalah salah satu faktor penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan, kita mentransfer pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik agar mereka mampu menyerap, menilai dan mengembangkan secara mandiri ilmu yang dipelajarinya. Saat ini dunia pendidikan nasional Indonesia berada dalam situasi “kritis” baik dilihat dari sudut internal kepentingan pembangunan bangsa, maupun secara eksternal dalam kaitan dengan kompetisi antar bangsa. Fakta menunjukkan bahwa, kualitas pendidikan nasional masih rendah dan jauh ketinggalan dibandingkan dengan negara-negara lain. Berbagai kritikan tajam yang berasal dari berbagai sudut pandang terus ditujukan kepada dunia pendidikan nasional dengan berbagai alasan dan kepentingan. Pada karya ini rumusan masalah yang akan dibahas yaitu : Bagaimana Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas VI Materi Sumpah Pemuda Pelajaran PKn Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Learning Pada SD Negeri 9 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI Pelajaran PKn materi Sumpah Pemuda melalui Model Pembelajaran Reciprocal Learning pada SD Negeri 9 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan di mulai dari bulan September s.d November 2019. Dengan menggunakan penelitian tindakan kelas sebanyak 2 siklus. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 9 Muara Batu. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Reciprocal Learning memiliki dampak positif dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.
Kata kunci: Prestasi belajar, Model Pembelajaran Reciprocal Learning