MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA KONSEP LARUTAN PENYANGGA PADA KELAS XI SMAN 1 DARUL AMAN

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020

MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA KONSEP LARUTAN PENYANGGA PADA KELAS XI SMAN 1 DARUL AMAN

Oleh: Abdaini

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Darul Aman tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri Darul Aman yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dan , tes hasil belajar dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerpan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2. Hal ini dapat terlihat dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yang pada saat pratindakan sebesar 60 terjadi peningkatan pada siklus 1 menjadi 70. Pada siklus 2 terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 29 siswa. Dan ketuntasan klasical juga terjadi peningkatan dari setiap siklus yaitu pada kondisi awal peningkatan yaitu dari 31% meningkat menjadi 62 % pada siklus I dan 90% pada siklus II. Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Darul Aman tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: Hasil Meningkat, Problem Based Learning (PBL), Kimia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PJOK MELALUI PRINSIP-PRINSIP LATIHAN FREQUENCY, INTENSITY, TIME, TIPE (FITT)

ABSTRAK Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PJOK bertujuan peserta didik dapat menunjukkan kemampuan dalam mempraktekkan keterampilan gerak spesifik sebagai hasil analisis pengetahuan yang benar. Prinsip-prinsip latihan Frekuensi, Intensitas, Time dan Tipe (FITT) pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan untuk meningkatkan kebugaran, keterampilan gerak dan kesehatan dilaksanakan dengan intensitas atau dosis latihan yang diberikan […]

Read More

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS XII-IPA.1 SMA NEGERI 1 GUNUNG MERIAH Oleh: Husna ABSTRAK Permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini yaitu: Apakah melalui model STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn pada materi sistem pemerintahan pada siswa […]

Read More

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR

JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME V NOMOR 1 TAHUN 2021 PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK SECARA BERKELANJUTAN PADA SMP NEGERI 2 PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR Oleh: Elvina Waty ABSTRAK Berdasarkan hasil analisa di SMP Negeri 2 Peukan Bada, muncul permasalahan yaitu rendahnya guru yang membuat perencanaan pembelajaran khususnya penyusunan silabus […]

Read More