JURNAL AKSELERASI PENDIDIKAN VOLUME IV NOMOR 3 TAHUN 2020
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAPAT MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA KONSEP LARUTAN PENYANGGA PADA KELAS XI SMAN 1 DARUL AMAN
Oleh: Abdaini
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar kimia pada siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Darul Aman tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan tiap siklus terdiri dari 4 tahap: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri Darul Aman yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dan , tes hasil belajar dan dokumentasi.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerpan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dari kondisi awal ke siklus 1 dan dari siklus 1 ke siklus 2. Hal ini dapat terlihat dengan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas yang pada saat pratindakan sebesar 60 terjadi peningkatan pada siklus 1 menjadi 70. Pada siklus 2 terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa dari dari jumlah keseluruhan siswa yaitu 29 siswa. Dan ketuntasan klasical juga terjadi peningkatan dari setiap siklus yaitu pada kondisi awal peningkatan yaitu dari 31% meningkat menjadi 62 % pada siklus I dan 90% pada siklus II. Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI MIA-2 SMA Negeri 1 Darul Aman tahun pelajaran 2018/2019.
Kata kunci: Hasil Meningkat, Problem Based Learning (PBL), Kimia